Senin, 20 Mei 2024

SMP Swasta Eka Dura Lestari Boyong Berbagai Prestasi Diajang OSN dan FLS2N Tingkat Provinsi

PASIRPENGARAIAN – Berjumlah belasan siswa SMP Swasta Eka Dura Lestari asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, berhasil memboyong berbagai prestasi diajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) cabang Tari Kreasi, dan Olimpiade Sains Hardiknas (OSH) Nasional bidang Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan PKN di tingkat Provinsi.

Belasan siswa dari SMP Swasta Eka Dura Lestari itu merupakan sekolah binaan dari PT Eka Dura Indonesia (EDI) yang beroperasi di Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

“Alhamdulillah, peserta didik kami menorehkan prestasi. Kami ucapkan selamat untuk peserta dan pembimbingnya, semoga prestasi bisa menjadi pemicu dan pemacu peserta didik untuk terus berprestasi memajukan sekolah,” terang Mawaddah, Kepala SMP Swasta Eka Dura Lestari.

Lanjutnya, bahwa dari belasan siswa tersebut tiga siswa diantaranya menjadi perwakilan dan juara OSN Bidang Matematika Kabupaten Rokan Hulu. “Mereka adalah Gebriel George Rodeardho (juara 1), Aulia Fatir Fahlevi Siregar (juara 3), dan Devie Grezia Nopelia Saragih (juara 4). Ketiganya akan melanjutkan perjuangan di ajang OSN bidang Matematika tingkat Provinsi pada Juni mendatang,” ungapnya.

Dijelaskan Mawaddah, pada lomba lainnya, SMP Swasta Eka Dura Lestari berhasil menyabet juara pada FLS2N cabang Tari Kreasi. Tiga siswi yang tergabung dalam grup “Pucuk Capo” menjadi perwakilan dan juara FLS2N adalah Atikha Syifany, Nazwa Aulia dan Riana Marlia. Grup yang dibimbing oleh Kusnanto Dwi Tunggal berhasil juara dengan menampilkan tari kreasi bertajuk “Tampih Rokan” yang mengusung tema identitas budaya masyarakat tepian sungai Rokan.

“Kemudian Tari Tampih Rokan lebih mengangkat identitas masyarakat Desa Kota Lama Kecamatan Rokan Hulu yang guyub dan rukun,” ujarnya.

Sungai Rokan merupakan sungai terbesar di Riau yang melintas sejauh 350 kilometer dari Pegunungan Bukit Barisan, di Rokan Hulu hingga ke hilirnya di Rokan Hilir, sampai bermuara di Selat Malaka. Sebagai sungai terbesar, Sungai Rokan memainkan peranan penting sebagai lalu lintas penduduk dan sumber ekonomi masyarakat.

Selain itu, tambahnya, SMP Swasta Eka Dura Lestari juga meraih penghargaan emas, perak, dan perunggu pada Olimpiade Sains Hardiknas (OSH) Nasional. Dimana Riana Marlia meraih medali emas OSH bidang IPA. Sedangkan, Kitri Anisah Lubis meraih medali emas OSH bidang Bahasa Indonesia.

Sedangkan Medali perak masing-masing disumbangkan oleh Muhammad Rayhan Murasya (Bahasa Indonesia) dan Devie Grezia Nopelia Saragih (Matematika). Sementara Gebriel George Rodeardho Purba (Matematika), Frans Marvel Sipangkar (Bahasa Inggris), Hulman Caesar Gulo (IPS) dan Putri Pratami (PKN) meraih medali perungggu.

“Semangat para siswa dan guru pembimbing dalam mengikuti berbagai ajang lomba tidak terlepas dari motivasi manajemen PT Eka Dura Indonesia. Karenanya, sekolah yang dipimpinnya mampu menorehkan banyak prestasi walaupun dunia baru saja melalui  pandemi yang membuat langkah para siswa sedikit terbatas,” papar Mawaddah.

Pelaksanaan OSN, FLS2N, maupun OSH dilakukan secara berjenjang mulai seleksi tingkat madrasah/sekolah, seleksi tingkat kabupaten, seleksi tingkat provinsi, dan seleksi tingkat nasional. OSN diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI dan diikuti 3.407 partisipan se-Provinsi Riau. Sementara OSH diadakan oleh Pusat Kejuaraan Sains Nasional (Puskanas) yang diikuti 16.284 peserta se Indonesia.

“Semoga dapat menginspirasi seluruh guru dan siswa  untuk terus belajar dan berkarya dimasa depan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru