Kamis, 18 April 2024

Tim PKM Akuntansi UPP Bersama Relawan Pajak Tingkatkan Pemahaman Pelaporan Pajak Pada Guru

PASIRPENGARAIAN – Untuk meningkatkan pemahaman dalam pelaporan pajak, Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Dosen Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melakukan sosialisasi kepada Guru di SMAN 2 Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Peningkatan Pemahaman Pelaporan Pajak Pada Guru SMA N 2 di Kecamatan Rambah” yang digelar di Aula SMAN 2 Rambah pada Jumat (26/05/2023) pagi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh pihak SMAN 2 Rambah, Tim Dosen Prodi Akuntansi Fekon UPP dengan Ketua Tim Nurhayati SE MSi CTT dan juga dihadiri oleh relawan pajak.

Nurhayati sebagai pemateri menjelaskan, bahwa Seluk Beluk Wajib Pajak Orang Pribadi dan Simulasi e-Filing 1770SS,1770S dan 1770. Cara lapor SPT Tahunan online salah satunya dengan menggunakan e-Filing.

“Diketahui e-Filing merupakan cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara online yang dapat diakses melalui laman www.djponline.pajak.go.id maupun melalui Penyedia Jasa Aplikasi,” tuturnya.

Dengan lapor SPT Tahunan online, tambah Nurhayati, wajib pajak tidak perlu lagi untuk mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk melaporkan pajak. Bagi wajib pajak yang telah memiliki NPWP, EFIN (Electronic Filing Identification) dan juga memiliki akun DJP Online dapat langsung lapor SPT Tahunan secara online.

“Disamping itu, kegiatan PKM ini juga memberikan pengetahuan serta sangat membantu para wajib pajak dalam melaporkan kegiatan tentang pajak dan mengurangi kesalahan-kesalahan dalam melakukan pelaporan tentang pajak,” tambahnya.

Nurhayati juga melanjutkan, pada kegiatan PKM ini para guru menyampaikan untuk kegiatan berikutnya untuk pelaporan pajak guru langsung di Uji cobakan oleh Guru dengan mentor dari dosen akuntansi beserta relawan pajak sampai pada tahap pembayaran secara online agar para guru lebih paham pada perhitungan, pembayaran serta pelaporannya.

“Kami dari Tim Prodi Akuntansi UPP beserta relawan berharap kepada pihak SMAN 2 Rambah melalui pelatihan ini hendaknya dapat menjadi amal bagi kita semua dan bisa membantu yang lainnya dalam pengelolaan pelaporan pajak,” harapnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru