Sabtu, 25 Mei 2024

Kuliah Umum di UPP, H Bakhtiar Madjid Ingatkan Mahasiswa Dalam Berbisnis Kejujuran Adalah Modal Utama

PASIRPENGARAIAN – Dalam berbisnis atau menjalankan suatu usaha harus memiliki kejujuran, tanpa kejujuran tidak akan pernah berhasil. Kejujuran adalah kunci utama dalam berbisnis. Sebanyak apa pun modal secara materi jika tidak ada kejujuran tentu usaha yang dijalani tidak akan berhasil.

“Intinya modal secara materi adalah nomor dua, kejujuran adalah modal utama. Banyak pun modal kalau kita tidak jujur tentu bisnis yang kita jalani tidak akan berhasil, apa lagi dalam berbisnis kita sombong, alamat usaha kita tidak akan bangkit dan orang lain tidak akan mau bekerjasama dengan kita,” tutur Pengusaha Riau, H Bakhtiar Madjid ketika menjadi Pemateri pada Kuliah Umum di Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Selasa (16/05/2023) pagi.

Berkaitan dengan usaha apa yang cocok untuk dimulai oleh mahasiswa, H Bakhtiar Madjid menjawab, banyak solusi jika kita mengbuka sebuah usaha atau berbisnis. Kalau kita punya modal yang diberikan oleh orangtua tentu sebelum kita memulai sebuah usaha terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis usaha apa yang harus kita buat sesuai dengan kebutuhan pasar pada saat itu.

“Artinya, jenis usaha yang akan kita geluti itu memang menjadi kebutuhan pasar, jangan sampai kita membuka usaha yang jarang dibutuhkan di pasaran, apa lagi tidak dibutuhkan pasaran. Akhirnya jenis usaha yang kita lakukan itu sia-sia,” ungkap Pengusaha Riau Asal Kepenuhan itu.

Berkaitan dengan rugi, H Bakhtiar menjelasan bahwa rugi itu sudah menjadi tantangan bagi pelaku usaha. Setiap pelaku usaha pasti tantangannya rugi. Kalau kita takut rugi kita tidak usah menjadi pengusaha. Karena itu sudah menjadi resiko. Kita harus berani untuk mengkalkulasinya agar tidak rugi, bahkan untuk 10 tahun kedepan kita sudah tau apa yang terjadi nantinya.

“Kalau kita tanamkan dalam hati rasa takut rugi itu, tentu kita tidak akan pernah menjadi orang sukses. Orang yang sukses itu salah satunya harus memiliki keberanian. Apa pun pekerjaan yang kita jalani jika tidak ada keberanian maka kita dalam keadaan merugi,” ucapnya.

“Keberanian itu tidak hanya dibidang usaha, tetapi juga dibidang lainnya. Artinya bidang apapun yang kita jalani tetap ada resikonya, tidak hanya dibidang usaha (Bisnis) tetapi dibidang lain pun ada resikonya,” tambah Ketua HKR Pekanbaru itu.

Sebelum sesi diskusi pada kuliah umum di UPP itu, Arrafiqur Rahman SE MM selaku Host yang juga Dekan Fakultas Ekonomi UPP mengajak kepada mahasiswa untuk dapat mengambil ilmu dari penjelasan dan pengalaman oleh pengusaha Riau itu sebagai motivasi untuk menjadi sukses kedepannya.

Diketahui, hadir pada Kuliah Umum tersebut, Wakil Rektor I UPP Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Bisnis, Zulkifli SH MH CLA, H Bakhtiar Madjid selaku Pengusaha Provinsi Riau yang didampingi sang istri, Bunda Hj Asmawati Bakhtiar, para dekan, dosen, karyawan serta ribuan mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian.

Kuliah Umum yang digelar oleh Civitasan Akademika Universitas Pasir Pengaraian itu mengusung tema “Bincang Bisnis dan Kisah Inspiratif Pengusaha Riau” yang dilaksanakan pada Selasa (16/05/2023) di Aula kampus UPP.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru