Sabtu, 25 Mei 2024

Halal bi Halal, Rektor UPP Berpesan Jadikan Idul Fitri Momentum Evaluasi Diri

PASIRPENGARAIAN – Universitas Pasir Pengaraian (UPP) gelar halal bihalal dan silaturahmi Idul Fitri 1444 H bersama Yayasan Pembangunan Rokan Hulu (YPRH) dan diikuti oleh ratusan civitas akademika sebagai tanda kembali dimulainya aktivitas perkuliahan, di Aula Kampus UPP, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jumat (05/05/2023) pukul 09.00 WIB.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd mendorong, momentum hari raya Idul Fitri mampu menjadi dasar untuk mengevaluasi diri, dari apa yang sudah dilakukan selama bulan Ramadhan, dan melanjutkan bahkan meningkatkannya di masa mendatang.

Menurutnya, fajar baru di bulan Syawal agar dimulai dan seterusnya, dapat dihiasi dengan perbuatan-perbuatan yang penuh dengan pengabdian baik kepada umat sebagai salah satu pemangku kepentingan UPP maupun pengabdian yang tulus dan penuh dengan kerendahan hati kepada Allah SWT sebagai bentuk tunduk dan bergantung kepada-Nya.

“Sesuai dengan tujuan atau goal kita di bulan Ramadhan yaitu la’allakum tattaqun, maka di bulan Syawal ini kita usahakan tetap istiqomah atau konsisten dalam melakukan aktifasi niat baik dan pelaksanaan ibadah wajib maupun sunnah yang lebih istiqomah,” ujarnya.

Rektor UPP mengatakan, Ramadhan ternyata menghadirkan atmosfir yang kondusif untuk berbuat baik dan mengekang diri untuk berbuat kemaksiatan kepada Allah. Maka, konsistensi dalam beriman dan beramal baik pasca shaum di bulan Ramadhan dapat menjadi jaminan hidup yang baik yang ditandai dengan tiga indikator, yaitu sejahtera, damai, dan bahagia.

“Memang tidak mudah untuk kita berbuat konsisten karena dibutuhkan ikhtiar untuk menjaganya, agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Carilah lingkungan yang kondusif yang menyediakan sistem peringatan dini yang siap menasehati kepada kita supaya kita tidak lupa untuk bersabar dan menebar kasih sayang antar sesama,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Hardianto juga berpesan, kepada sivitas akademika UPP agar melayani mahasiswa dengan baik, ramah dan sopan sebagai aktivitas mulia bernilai ibadah yang diberikan kepada para mujahid penuntut ilmu. Bagi para mahasiswa, Rektor mengingatkan kembali sabda Nabi Muhammad SAW bahwa menuntut ilmu adalah jalan jihad.

Rektor berharap, Idul Fitri kali ini dapat menjadi momentum untuk menemukan kembali fitrah dan menjadikannya sebagai acuan dan mewarnai aktifitas. “Poin-poin inilah yang harus dipegang, dan tentu jika semuanya dibarengi dengan niat lurus dan ketulusan dalam mengerjakannya maka Insya Allah fitrah kita sebagai manusia untuk selalu mengabdi kepada Allah SWT akan tetap terjaga,” papar Hardianto.

Hadir pada hala bi halal tersebut, Pembina YPRH Dr H Achmad MSi, Ketua YPRH Ir H Hafith Syukri MM, Ketua HKR sekaligus Tokoh Masyarakat Rohul H Bakhtiar Majid, Kapolsek Rambah Hilir Iptu Debi Azhar SH MH, Penceramah Ust Yulihesman SAg, Wakil Rektor I Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama, Zulkifli SH MH CLA, Wakil Rektor II Bidang Kepegawaian Keuangan dan Bisnis Hidayat SE MM CPHCM, Dekan, Ka Prodi dan dosen serta pegawai di lingkungan UPP dan mahasiswa.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru