Rabu, 19 Juni 2024

Bupati Rohul Imbau Masyarakat dan Perusahaan Salurkan Zakat melalui BAZNas

PASIRPENGARAIAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menghimbau kepada warga dan perusahaan untuk menyalurkan zakatnya melalui lembaga resmi, yakni Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Rohul, karena Penyaluran Zakat melalui BAZNas lebih akuntabel dan tetap sasaran yang bisa dirasakan manfaatnya kaum dhuafa dan delapan asnaf.

Imbauan itu disampaikan Bupati Rokan Hulu H. Sukiman saat melakukan Kunjungan Safari Ramadhan Pemkab Rohul di Masjid Al-Muhajirin, Desa Pasir Utama, Kec. Rambah Hilir, Rohul, Senin (10/4/2023) malam.

Bupati Sukiman menjelaskan, melalui Rapat dengan BAZNas Rohul sesuai dengan edaran Presiden RI, berharap kepada masyarakat untuk mengeluarkan sebagian rezekinya untuk berzakat 2,5%. Diakui Sukiman, hal ini juga sudah diterapkan kepada ASN dilingkungan Pemkab Rohul.

“Tadi pagi saya Rapat dengan BAZNas Rohul, sesuai dengan edaran Presiden,intinya mengharapkan untuk mau memberikan sebagian dari rezeki kita 2,5 Persen, untuk PNS sudah kita lakukan,” ujarnya

Tak hanya ASN, Bupati Sukiman juga berharap dari Masyarakat dan Perusahaan agar membayar Zakat ke BAZNas Rohul. Bila dari masyarakat umum, pengusaha, dan pelaku ekonomi lainnya berzakat ke Baznas maka nilai manfaat yang bisa dirasakan kaum dhuafa dan delapan Asnaf lainnya bisa makin besar dirasakan masyarakat.

Pasca pelaksanaan Pilkades di Desa Pasir Utama, Bupati Sukiman mengajak masyarakat untuk bersatu kembali tanpa ada gesekan dan perpecahan. Dukungan dari masyarakat sangat diperlukan mendukung Program Pembangunan Kepala Desa.

“Usai Pilkades mari kita bangun kembali kebersamaan untuk membangun desa, selesai Pilkades bersatu lagi, Kades dan PKK Desa harus aktif dengan PKK Kabupaten untuk membantu masyarakat agar lebih maju kedepannya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Utama Ghofururrohim mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Rohul yang telah melakukan Safari Ramadhan di Desa Pasir Utama. Pertemuan yang mulia ini sangat bermanfaat untuk bersilaturahmi dan pemimpin semakin dekat dengan masyarakat.

Banyak sejumlah harapan masyarakat desa Pasir Utama, dikatakan Kades seperti peningkatan program Pertanian dan ketahanan pangan, yang notabene nya masyarakat bertani.

“Silaturahmi Pemerintah dengan masyarakat ini bagus sekali, Saya mengajak membangun Desa menjadi lebih baik, Bersyukur melalui Safari Ramadhan ini bisa terjalin hubungan yang baik antara Pemkab Rohul dengan masyarakat dalam membenahi desa,” harap Kades Ghofur

Selain di sektor Pertanian, Kades Pasir Utama yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah pembangunan Drainase mulai dari lingkungan masyarakat sampai ke Masjid. Meski demikian, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohul atas bantuan dari Pemkab dan BAZNas Rohul.

Dalam kegiatan safari Ramadhan ini, Bupati Sukiman juga menyerahkan Bantuan dari BAZNas Rohul sesuai dengan realisasi tahun 2022, Bantuan Konsumtif Asnaf Fakir 10 orang / Desa x 13 Desa = Rp 65.000.000. Bantuan Usaha Produktif 23 orang = Rp 117.000.000.

Bantuan Biaya tingkat SD, SMP, SMA sederajat dan Bantuan Biaya Pendidikan S1 Dalam Negeri dan S1 Luar Negeri sebanyak 85 orang = Rp 103.050.000.

Bantuan Konsumtif Beras Fakir Rp 16.560.000. Bantuan Konsumtif Dhuafa tahun 2023 disalurkan kepada 10 orang x13 Desa = 65.000.000, dengan total Rp 366.610.000.

Dalam kegiatan ini, turut juga dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Asisten I Fhatanalia Putra S.Sos M.Si, Asisten II Drs H. Ibnu Ulya M.Si, Plt Sekwan DPRD Rohul Drs Sariaman M.Si, Kadis Parbud Rohul Goreng S.Sos M.Si, Kadis Sosial P3A Rohul H. Damri Poti S.Sos M.Ap,

Kepala BPKAD Rohul Elbizri S.STP, Kepala DLH Rohul Suparno S.Hut, Kadis Kopnakertrans Rohul Zulhendri S.Sos M.Si, Kadiskes Rohul dr Bambang, Kadis Dikpora Rohul Margono S.Sos, Kabag Kesra Umzakirman S.Ag, Camat Rambah Hilir H. Agus Salim S.Sos, Kapolsek Rambah Hilir Ipda Deby Azhar SH MH, Kepala Desa Pasir Utama Ghofururrohim dan Masyarakat. (AdvDiskominfoRohul)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru