Kamis, 23 Mei 2024

Safari Ramadhan di Tambusai Utara, Pemkab Rohul Serahkan Bantuan untuk Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

PASIRPENGARAIAN – Sempat vakum 3 tahun terakhir karena Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) kembali menggelar Safari Ramadhan 1444 Hijriyah Tahun 2023. Safari Ramadhan perdana Pemkab Rohul digelar di Kecamatan Tambusai Utara, di Masjid Besar Sultan Zainal Abidinsyah, Selasa (28/3/2023).

Safari Ramadhan Pemkab tahun ini dilaksanakan 2 Tim, Tim Pertama dipimpin Bupati dan Tim 2 dipimpin Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan bersafari Ramadhan ke Kecamatan Pendalian IV Koto.

Safari Ramadhan Perdana ini dipimpin Bupati Rohul H. Sukiman diwakili Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si. Turut juga dihadiri Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Asisten I Fhatanalia Putra S.Sos M.Si, Asisten II Drs. H. Ibnu Ulya M.Si, Staf Ahli Bupati Drs. H. Sariaman M.Si,

Selain itu, Kepala Bappeda Rohul Yusmar M.Si, Kadis Sosial P3A Rohul H. Damri Poti S.Sos M.AP, Kadisparbud Rohul Gorneng S.Sos M.Si, Plt DPMPTSP Munandar SE MM, Kadis Dikpora Rohul Margono S.Sos,

Kadis Rohul DPKAD Elbizri S.STP, Kadis DLH Rohul Suparno S.Hut, Plt Kadis DPMPD Rohul Prasetyo, Kepala Pinca BRK Syariah Pasir Pengaraian, BAZNas Rohul para Kabag, Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos M.Si dan Kepala Desa

Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si mengatakan Safari Ramadhan ini merupakan agenda setiap tahun mengunjungi kecamatan, selain sebagai wadah silaturahmi juga sebagai mendengarkan aspirasi warga untuk pelaksanaan Pembangunan.

Seperti menanggapi aspirasi Tokoh masyarakat Rantau Kasai, Sekda menjelaskan pelaksanaan pembangunan ini sesuai kewenangan dan proses yang dilalui melalui Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Kabupaten.

Seperti peningkatan Jalan Provinsi di Tambusai Utara, dikatakan Sekda ini merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi. Begitu juga dengan penyediaan PLN merupakan kewenangan Provinsi, Namun Pemkab Rohul juga tetap mengawal program pembangunan sesuai usulan masyarakat tetap berkoordinasi dengan Pemprov.

“Pembangunan itu berdasarkan kewenangan, kelistrikan ini menjadi kewenangan Provinsi, Nanti kami akan berkoordinasi dengan PLN baik dengan PLN Pasir Pengaraian maupun Provinsi melalui ESDM Provinsi Tadi juga sudah kita minta Dishub untuk membantu berkoordinasi,” kata Sekda.

“Sebenarnya masih ada satu lagi desa Rantau Sakti yang masih PLTBg kita mengupayakan disana masuk jaringan PLN dan ini sudah ditangani dan ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi,” tambah Sekda.

Dalam Safari Ramadhan itu, Sekda juga menyampaikan Pesan Bupati Rohul H. Sukiman tetap fokus melaksanakan Program Pemerintah pusat seperti penanganan Inflasi dan Stunting. Untuk mengantisipasi Inflasi Pemkab Rohul telah melaksanakan Operasi Pasar yang digelar Disperindag Rohul. Sementara penanganan Stunting, Pemkab Rohul telah menyiapkan 927 TPK, Bidan Desa, Posyandu dan Kader PKK dalam upaya menurunkan angka Stunting.

Sementara itu, Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos M.Si mengatakan di Kecamatan Tambusai Utara hanya beberapa Dusun yang belum memiliki tiang listrik besi, tetapi secara keseluruhan jaringan PLN sudah merata masuk di Tambusai Utara.

“Desa Tambusai Utara ada beberapa dusun yang belum, listriknya sudah masuk tapi hanya tiang nya masih sederhana. Alhamdulillah Tambusai Utara sudah masuk PLN. tiangnya saja yang perlu diperbaiki, sekarang perlu keselamatan orang banyak, Mudahan tahun ini terealisasi karena proposal pengajuan sudah kita masukkan ke Kabupaten dan Provinsi,” ujarnya.

Sebelumnya, Tokoh masyarakat Rantau Kasai, Bahrum menyambut baik safari Ramadhan Pemkab Rohul ke Tambusai Utara. Karena selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai menyampaikan aspirasi masyarakat terkait pembangunan di Tambusai Utara.

Bahrum menjelaskan ada beberapa aspirasi yang menjadi harapan masyarakat, baik Dibidang infrastruktur jalan, Penerangan PLN dan Jembatan. Jembatan ini penting sebagai penghubung antar desa tambusai utara dengan Rantau Sakti, Mahato Sakti, Suka Damai. Melalui silaturahmi ini diharapkan sebagai “penyambung lidah” masyarakat kepada Pemkab Rohul.

Dalam kegiatan itu, Sekda Rohul M. Zaki juga menyerahkan bantuan Konsumtif Dhuafa dari BAZNas Rohul sebanyak Rp 180.550.000 dan 30 Mushaf Alquran, Bantuan Anak Yatim sebanyak Rp 10.000.000, Bantuan Kaum Dhuafa 5.000.000 serta Bantuan Sembako dari Dinas Sosial P3A Rohul.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru