Senin, 20 Mei 2024

Lembaga Pusat Bahasa UPP Gelar Pelatihan Tes TOEFL ke Siswa SLTA dan Masyarakat

PASIRPENGARAIAN – Penguasaan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan di era globalisasi seperti sekarang ini sudah menjadi kebutuhan, karena berbahasa inggris merupakan bahasa internasional. Untuk itu, Lembaga Bahasa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) memberikan pelatihan TOEFL kepada siswa SLTA sederajat dan juga kepada masyarakat umum.

Dimana pelatihan dan tes TOEFL yang disumbangkan oleh Lembaga Pusat Bahasa UPP itu diikuti oleh siswa SMAN 2 Rambah Hilir selama dua hari (2-3 Februari 2023) didampingi guru bahasa inggris dan dilanjutkan dengan mengunjungi Labor Pusat Bahasa UPP sebagai simulasi tes TOEFL dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Kepala Pusat Bahasa UPP, Eripuddin SHum MPd, Kamis (23/02/2023) kepada

Kepala Pusat Bahasa UPP, Eripuddin SHum MPd
Kepala Pusat Bahasa UPP, Eripuddin SHum MPd

Riauposting.net menjelaskan, pelatihan ini dilakukan bertujuan untuk mempersiapkan pengetahuan TOEFL ketika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang berkualitas, baik itu perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri. Sementara untuk masyarakat umum bertujuan membantu dalam persiapan ketika mengikuti tes CPNS dan melanjutkan studinya ke S2 serta S3.

“Selaian diikuti oleh siswa SLTA, pelatihan ini juga diikuti oleh masyarakat umum. Tes TOEFL umum diselenggarakan bagi siapapun yang ingin menambah pengetahuan tentang TOEFL, karena sertifikat TOEFL dibutuhkan untuk persyaratan tes CPNS, melamar pekerjaan dan untuk melanjutkan studi ke jenjang S1, S2 dan S3,” tuturnya.

Eripuddin yang merupakan kandidat Doktor ilmu bahasa tersebut menambahkan, bahwa selama ini Lembaga Pusat Bahasa UPP telah membantu memberikan tes TOEFL kepada dosen-dosen dan masyarakat umum yang diperuntukkan sebagai salah satu syarat administrasi beasiswa S3 baik beasiswa dalam negeri maupun beasiswa luar negeri.

“Lembaga Pusat Bahasa UPP tidak hanya memfasilitasi untuk tes/pelatihan TOEFL saja, tetapi juga untuk pengembangan kemampuan speaking practice, English translation, interpreter, English tour guide dan pendampingan artikel bahasa inggris untuk jurnal internasional serta pendampingan kerja sama dengan institusi atau pihak-pihak luar negeri,” tambahnya.

Rektor UPP Dr Hardianto MPd
Rektor UPP Dr Hardianto MPd

Sementara itu, Rektor UPP Dr Hardianto MPd mengatakan, Lembaga Pusat Bahasa UPP saat ini sudah semakin berkembang dan telah berkontribusi, tidak hanya bagi UPP, namun juga kepada siswa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan masyarakat.

“Dalam beberapa waktu kedepan kita akan mengagendakan internasional seminar yang akan di taja oleh Lembaga Pusat Bahasa UPP. Dimana event ini merupakan event perdana nantinya dan event ini juga menjadi ajang promosi bagi UPP ditingkat internasional,” terang Hardianto.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru