Minggu, 19 Mei 2024

Rektor UPP Lepas Belasan Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Angkatan V Kemdikbudristek 2023

PASIRPENGARAIAN – Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP) secara resmi telah melepas keberangkatan 19 mahasiswa untuk mengikuti Program Kampus Mengajar (PKM) angkatan V Kemdikbudristek tahun 2023 pada Selasa (14/02/2023) petang di Kampus UPP.

Dimana pada Februari 2023 ini belasan mahasiswa tersebut akan melakukan pengabdiannya di sekolah yang tersebar di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Berjumlah 19 mahasiswa UPP tersebut akan melaksanakan tugasnya disekolah-sekolah diantaranya, SDN 003 Pendalian IV Koto, SDN 004 Rambah, SDN 010 Kepenuhan, SDN 022 Rambah, SMPN 3 Kepenuhan Hulu, SDN 023 Kasikan, SDN 038 Muara Intan.

PKM angkatan V ini merupakan program kali kedua yang diikuti oleh Universitas Pasir Pengaraian, sebelumnya di Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022 yang terdiri dari 10 mahasiswa.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd mengatakan, bahwa Program Kampus Mengajar ini akan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dan juga sebagai praktik ilmu yang di dapat untuk diterapkan di sekolah yang telah di tentukan.

“Program ini untuk mengimplementasikan dari Program MBKM Kemendikbudristek Tahun 2023 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 19 orang,” tuturnya.

Rektor juga berpesan, agar mahasiswa dapat menjaga nama baik kampus, dan menjadikan program ini sebagai promosi kepada masyarakat.

“Kami berharap para mahasiswa aktif dalam setiap kegiatan dimasyarakat dan jaga nama baik almamater, tunjukkan kepada masyarakat bahwa kita sebagai mahasiswa memiliki kemampuan dan kepedulian kepada masyarakat,” harapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Lembaga Pengkajian Pendidikan dan Pembelajaran (LPPP), Dr Ummi Rasyidah MPd menyampaikan, bahwa PKM angkatan V adalah salah satu flagships yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa pengalaman kampus merdeka.

“Melalui program ini, siswa yang tersebar di sekolah dasar dan menengah pertama juga memperoleh dampak positif yaitu penguatan kemampuan literasi dan numerasi yang ditransfer oleh mahasiswa yang tergabung dalam program Kampus Mengajar,” ungkapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Lembaga Pengkajian Pendidikan dan Pembelajaran UPP, Kabid SDM LPPP, Koordinator PT untuk PKM V, Dosen Pendamping Lapangan PKM V.

Ketua Program Studi Kepala Bidang MBKM Center, Annajmi MPd melaporkan 19 mahasiswa ini terdiri dari 8 program studi, yaitu Anggun Nirmala Sari, Ramianna Simanjuntak, dan Muhammad Syukur dari Program Studi Agribisnis.

Fachri Chaeru Riza dari Program Studi Agroteknologi, Wahyulika Safitri, Rahma Yunita, dan Indri Selvia dari Program Studi Manajemen, Nuri Pratama Sinaga dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Elvina Khoirunnisa, dan Ririn Riza Yanti dari Program Studi Pendidikan Fisika.

Sabna Rita dari Program Studi Pendidikan IPS, Intan Azizah, Ninik Karwati, Riskia Zahrani, Rabiah Al Adawiyah, Rumita Sari, Nesfa Aprillia Azmy, Windi Ramadhani dari Program Studi Pendidikan Matematika, Dania Fitriani dari Program Studi Teknik Sipil.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan pengakuan/konversi sks setara maksimal 20 sks setelah program ini selesai dilaksanakan. Selain itu, juga akan mendapatkan bantuan biaya hidup, dan bantuan UKT dari LPDP.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru