Minggu, 19 Mei 2024

Inilah Pengetahuan dan Keahlian Kuliah di Jurusan Kewirausahaan UPP

PASIRPENGARAIAN – Program Studi (Prodi) Kewirausahaan atau biasa disebut entrepreneurship merupakan program studi yang membekali mahasiswa untuk dapat mengidentifikasi dan menerapkan ide, konsep, serta strategi baru dalam merencanakan, mengelola, dan mengembangkan sebuah usaha atau bisnis.

Penekanan kewirausahaan bukan pada perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan usaha dan bisnis, melainkan pada upaya mencari, menciptakan, dan menerapkan cara kerja, teknologi dan produk barunya.

Ka Prodi Kewirausahaan Nofriser SSos MM, Jumat (03/02/2023) kepada Riauposting.id diruang kerjanya mengatakan, pendidikan di Prodi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian (UPP) meliputi serangkaian pembinaan karakter, pola pikir, perilaku, dan keterampilan yang mendukung pengembangan inovasi dan kreativitas mahasiswa.

“Jadi di Kewirausahaan UPP ini dosen selalu membina karakter, pola piker, perilaku dan keterampilan mahasiswa untuk mendukung kreatifitas serta inovasi mahasiswa selama mengikuti perkuliahan,” paparnya.

Ditambahkannya, jurusan Kewirausahaan UPP juga menyediakan variasi sebagai jalur khusus yang meliputi kewirausahaan sosial, pengelolaan bisnis yang berkembang, dan perusahaan  keluarga. Tantangannya adalah pada saat menghadapi dunia nyata yang pasti jauh berbeda dari materi akademik yang dijelaskan di kampus. Contohnya adalah ketika harus bersaing dengan ide-ide orang lain, persaingan tender dan perbedaan budaya-budaya.

“Fakta terakhir ini yang paling unik tentang jurusan kewirausahaan dibanding jurusan lainnya, yaitu dimana banyaknya mahasiswa yang sudah memiliki usaha kuliah jurusan Kewirausahaan UPP. Sehingga mahasiswa tersebut tinggal memperdalam ilmu-ilmu dan trik dalam menjalankan usaha melalui teknologi digital sesuai dengan era saat ini, sehingga usahanya mampu berkembang dan siap bersaing tentunya,” terang Nofriser.

Selain itu, pengetahuan dan keahlian yang akan didapatkan ketika kuliah mengampu jurusan Kewirausahaan UPP diantaranya, kemampuan berorientasi pada detail, mendeskripsikan ide, komunikasi, bekerjasama tim, dan kemampuan riset serta analisis.

“Adapun mata kuliah di jurusan Kewirausahaan UPP yaitu, pendidikan pancasila, bank dan lembaga keuangan, manajemen sumber daya manusia, pengantar bisnis, budaya melayu riau, kreatifitas dan inovasi, ilmu ekonomi, entereprencurial pemasaran, matematika ekonomi, pendidikan agama, analisis laporan keuangan, tekno, periklanan, etika komunikasi bisnis, prilaku organisasi, kepemimpinan, dan studi kelayakan bisnis,” jelasnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru