Sabtu, 25 Mei 2024

Bupati Rokan Hulu Dukung Program Gemapatas

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman mendukung Program Pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) satu juta Patok Batas Bidang Tanah se Indonesia.

Program Nasional ini dicanangkan langsung oleh Menteri ATR/BPN Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Jawa Tengah secara Virtual.

Yang dikuti Bupati Sukiman sekaligus Pemasangan Patok Batas di Rohul yang dipusatkan di Desa Menaming, Kec. Rambah, Jumat (3/2/2023)

Turut hadir dalam kegiatan GEMAPATAS, Bupati Rohul H. Sukiman, Dandim 0313/KPR Letkol Arh Muliyadi S.I.P yang di wakili Bati Tuud Koramil 02 Ramah Peltu M. Yakfi, Kapolres Rokan Hulu AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH

Kajari Rohul Fajar Haryowimbuko, SH, MH, Kepala Pengadilan Negeri Rohul Rony Suata, SH MHK, Plt Kepala BPN Rohul Wasrial, SH MH, Sekda Rohul M. Zaki, SSTP M.Si, Camat Rambah Zulpan Alwi dan masyarakat.

Menurut Bupati Sukiman, pemasangan Patok tanda batas tanah masyarakat sangat penting. Oleh karena itu, Ia mengucapkan terima kasih kepada kepala BPN yang telah memberikan Patok Batas sebagai legalitas atas kepemilikan tanah, sehingga terhindar dari sengketa lahan ditengah masyarakat.

“Hari ini kita melaksanakan Gemapatas secara serentak se Indonesia satu juta Patok Batas Bidang Tanah se Indonesia. Kita berharap nanti khususnya Desa yang mendapatkan jatah untuk PTSL di Desa Menaming siapkan patok batas tanah sesuai waktu yang ditentukan,” kataya

“Masyarakat dan Pemdes harus ikut serta membantu petugas, batas mana yang akan dipatok, masyarakat perlu ikut serta agar penyelesaian sertifikat ini dapat selesai, dipasang patok di tanah masing-masing,” harap Sukiman

“Ini kewajiban pimpinan menyampaikan atau menghimbau masyarakatnya agar rukun dan damai. Dengan adanya Gemapatas ini karena dari fakta lapangan yang terjadi selama ini, sering dijumpai terjadinya tumpang tindih kepemilikan tanah di masyarakat. Terkadang satu sertifikat tanah dimiliki lebih satu orang,” ujarnya

Bupati Sukiman berharap melalui program Gemapatas ini bisa menjadi bagian dari solusi penyelesaian tanda patok di daerah. Serta bisa mengurai persoalan seperti satu sertifikat yang terkadang dikuasai lebih dari satu orang.

“Saya berharap ini kepada bapak dan ibu sekalian, harus mendukung tentang pemasangan patok untuk mencegah jangan sampai bertengkar dan sengketa tanah, sesuai dengan temanya Pasang Patok, Anti Cekcok Anti Caplok,” ujarnya

Sementara itu, Plt Kepala BPN Rohul Wasrial, SH, MH menyampaikan bahwa Gemapatas ini merupakan mendukung program sertifikat tanah.

Lanjutnya, sesuai dengan tagline, Gemapatas ini anti cekcok, anti Caplok. Dengan sudah pastinya batas tanah, berarti tidak akan terjadi sengketa tanah di Kabupaten Rokan Hulu.

“Jika sudah dipasang patok maka kami akan memfoto dari udara. Kami menghimbau peserta PPS agar memasang batang patok tanahnya. Kami juga telah menyiapkan patok untuk kabupaten Rokan Hulu 1000 Patok,” ujarnya

Wasrial menambahkan memberikan waktu dengan pemasangan patok di tanahnya masing-masing. Kami juga tidak ingin terkendala jika ada patok tanah yang belum di buat supaya untuk yang lain tidak terkendala.

“Saya berharap kepada masyarakat yang sudah menerima surat PTSL agar memasang patok di tanahnya,” himbaunya. (Advkominfo)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru