Sabtu, 25 Mei 2024

Kuliah Mampu Membentuk Karakter Diri Menuju Kesuksesan

PASIRPENGARAIAN – Kuliah tidak hanya sekadar melanjutkan pendidikan setelah lulus ditingkat SLTA. Saat ini, melanjutkan kuliah juga dianggap sebagai hal yang penting. Sebab, ada berbagai tujuan yang bisa didapatkan melalui bangku perkuliahan.

Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Dr Hardianto MPd, Rabu (18/01/2023) kepada Riauposting.id mengatakan, bahwa tujuan kuliah tidak hanya pada aspek akademik saja, tetapi juga pada aspek pengembangan diri, salah satunya adalah pembentukan karakter.

“Kemandirian adalah salah satu pembentukan karakter yang didapat dari menjalankan perkuliahan. Jadi tujuan kuliah itu tidak selalu berhubungan dengan akademik seseorang, namun juga ada berbagai tujuan lain yang berhubungan dengan pengembangan diri seseorang,” tuturnya.

Menurutnya, melanjutkan pendidikan dibangku perkuliahan bisa membangun kemandirian seseorang saat kuliah, mahasiswa harus bisa lebih mandiri dibandingkan di tingkat sekolah menengah. Sebab saat kuliah, mahasiswa harus mengatur perkuliahannya sendiri dan tidak sepenuhnya dibantu oleh dosen.

“Hal ini tentunya berbeda dengan sewaktu seseorang itu masih duduk di tingkat sekolah menengah, dimana siswa atau siswi masih dibantu oleh gurunya,” terang Hardianto.

Berkaitan dengan hal di atas, kata Hardianto, Universitas Pasir Pengaraian siap membentuk karakter diri seseorang menuju kesuksesan. Karena di UPP banyak hal yang diraih mahasiswa dalam melanjutkan pendidikannya sesuai dengan Program Studi (Prodi) yang pilih.

“Untuk membentuk karekter diri, mahasiswa UPP tidak hanya mendapatkan ilmu dengan materi saja, tetapi mahasiswa juga harus melakukan praktik. Baik itu praktiknya di kampus maupun di luar kampus salah satu contoh Kuliah Industri,” paparnya.

Hardianto yang juga Ketua ICMI Orda Rokan Hulu itu menambahkan, untuk membentuk karakter diri, Universitas Pasir Pengaraian sudah menyiapkan Sembilan belas Program Studi yang tersebar di Tujuh Fakultas.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru