Sabtu, 25 Mei 2024

Dihadiri Rektor, Puluhan Mahasiswa Kewirausahaan UPP Presentasikan Konten Periklanan

PASIRPENGARAIAN – Diera serba digital ini, iklan adalah kunci bagi seorang pengusaha. Melalui Ujian Akhir Semester (UAS), puluhan mahasiswa Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Jumat (30/12/2022) membuat, manampilkan dan mempresentasikan konten iklan.

Dimana kegiatan tersebut merupakan bagian dari tugas mahasiswa dalam mengikuti UAS dengan Mata Kuliah Periklanan oleh dosen Kewirausahaan UPP.

Hadir pada kegiatan tersebut, Rektor UPP, Dr Hardianto MPd, Ka Prodi Kewirausahaan Nofriser SSos MM, para Dosen Kewirausahaan diantaranya, Triyani Capeg Hadmandho MBA, Andi Lesmana SE MM, Putri Maurisni SE MM, dan Tiara Rochmawati SSos IME.

Triyani Capeg Hadmandho MBA sebagai Dosen Pengampu mengatakan, mahasiswa ditugaskan untuk membuat project independent atau proyek mandiri yang merupakan bagian dari kurikulum MBKM berupa sebuah iklan. Final project dari proyek mandiri tersebut akan ditayangankan sebagai ujian akhir semester mata kuliah periklanan Prodi Kewirausahaan dengan tiga kategori iklan yaitu iklan commercial, iklan corporate dan iklan layanan masyarakat.

“Tak bisa dipungkiri bahwa sekarang adalah jaman konten. Di era digital ini, iklan adalah kunci bagi seorang pengusaha. Jadi mata kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa Prodi Kewirausahaan yang nantinya akan mnjadi calon pengusaha,” terangnya.

Lanjut Triyani, iklan-iklan yang ditayangkan oleh lima kelompok mahasiswa tentunya sangat bagus sekali, padahal hanya menggunakan seluler dan sangat minim peralatan. Walaupun demikian sudah menggambarkan kreativitas dan skill yang sangat tinggi dan harus diberi support.

“Saya berharap mahasiswa tidak berhenti sampai di mata kuliah ini saja, dalam artian ini harus terus dikembangkan dan selalu diasah agar ilmu yang didapat semakin bertambah,” harapnya.

Sementara itu, Ka Prodi Kewirausahaan UPP Nofriser SSos MM mengatakan, Mata Kuliah Periklanan secara umum lebih focus pada apa yang di istilahkan dengan Strategic Planning dan juga Creative Copy Base (Kemampuan menulis kreatif). Kedua bidang tersebut digunakan dalam pengelolaan atas komunikasi pemasaran pada brand atau merek tertentu.

“Maka dari itu, mata kuliah ini mengantarkan kita untuk lebih mengerti dan memahami tentang Consumer Behavior atau perilaku konsumen, Integrated Marketing Communication atau komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Kita dapat tau dan bisa belajar tentang bagaimana cara dan proses produksi iklan untuk media cetak dan luar ruangan, produksi iklan TV dan radio, Advertising research, desain grafis, desain komunikasi audio dan visual, etika perilanan, hokum perilanan, creative thingking, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Nofriser mengakui, di Program Studi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian berpeluang untuk memiliki kesempatan kerja yang sangat luas baik di industry kecil maupun industry besar, media massa, media digital, perbankan, BUMN, dan sebagainya. Bahkan juga bisa menjadi pekerja mandiri atau wirausaha dengan membuka jasa periklanan sendiri.

“Dan Prodi Kewirausahaan juga mendorong perkembangan kreatifitas mahasiswa. Dalam membuat konsep iklan, bisa dibilang tidak ada sekat yang membatasi untuk berimajinasi seluas-luasnya, sehingga mahasiswa mampu menemukan sebuah konsep orisinil dan mandiri,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Rektor UPP Dr Hardianto MPd sangat mensupport praktek yang dilakukan mahasiswa Kewirausahaan dalam mengikuti UAS dengan mata kuliah Periklanan. Ini tentunya kegiatan yang sangat positif bagi mahasiswa yang dibimbing dan dibina para dosen.

“Karena untuk mendidik mahasiswa menjadi seorang wirausaha tidak cukup dengan materi saja, tetapi juga diperlukan praktik demi terciptanya keterampilan mahasiswa,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Hardianto menyetujui serta akan berupaya merealisasikan sebuah gedung atau ruangan yang nantinya akan digunakan sebagai labor praktek untuk mahasiswa Kewirausahaan. Selain untuk labor, ruangan tersebut juga akan digunakan untuk Broadcast (Proses Penyiaran).

“Kami berpesan dan mengajak kepada seluruh mahasiswa Program Studi Kewirausahaan agar tetap meningkatkan semangat dalam menimba ilmu serta mengikuti Ujian Akhis Semester ini,” pesan Rektor UPP.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru