Minggu, 19 Mei 2024

Kepemimpinan Dalam Manajemen Perubahan

PASIRPENGARAIAN – Ada sesuatu yang tidak akan pernah berubah, yaitu Perubahan Itu Sendiri. Perubahan adalah suatu keniscayaan yang suka atau tidak akan selalu ada dalam kehidupan. Perubahan bisa saja berlaku untuk diri secara pribadi bahkan juga organisasi. Lingkungan saat ini semakin terus cepat berubah, perkembangan teknologi informasi membuat dunia semakin dekat.

Untuk mampu survive dalam kondisi lingkungan saat ini tidak lain adalah harus siap dan mampu mengelola perubahan dengan baik. Agar perubahan berhasil dengan baik didalam suatu organisasi perlu kemampuan kepemimpinan yang baik sebagai agent of change penggerak perubahan.

Pernyataan diatas disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Zulkifli SH MH CLA, Selasa (27/12/2022) ketika menjadi pemateri pada Kuliah Umum Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UPP dengan tema “Kepemimpinan Dalam Manajemen Perubahan” Kamis (22/12/2022).

Hadir pada Kuliah Umum tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi UPP Arrafiqur Rahman MM, Ketua Program Studi Manajemen, Purwantoro MSi, Pembina Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi UPP Andi Lesmana MM dan mahasiswa.

Zulkifli mengatakan, pemimpin adalah orang yang diberi amanah untuk memimpin, sedangkan kepemimpinan adalah cara dan seni bagaimana sang pemimpin itu memimpin. Pemimpin hebat itu akan selalu berfikir besar namun ia tidak lupa dengan hal-hal kecil. Pemimpin hebat akan selalu berfikir memberi yang terbaik untuk orang banyak. Memimpin dalam perubahan akan selalu ada resiko yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Menjadi pemimpin itu perlu memiliki kompetensi komunikasi yang baik, kompetensi negosiasi, dan kompetensi penyelesaian masalah.

“Dalam sebuah Tim seorang pemimpin harus mampu membaca potensi Tim selemah apapun ia dimata umum. Sehingga, tidak ada personil Tim yang tidak memiliki peran maksimal,” ungkapnya.

Wakil Rektor I UPP itu lebih lanjut menjelaskan, pemimpin yang hebat itu akan selalu memberikan maksimal manfaat untuk orang banyak. Pemimpin hebat itu tidak takut menghadapi resiko, dalam artian pemimpin yang hebat akan selalu punya kompetensi komunikasi dan bernegosiasi.

“Jadi untuk rekan-rekan mahasiswa yang saat ini tengah memimpin di organisasi mahasiswa ada dua tips untuk menjadi pemimpin hebat yaitu pertama siapkan diri kita dengan kompetensi, dan kedua minta selalu doa dari orang tua,” harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi UPP Arrafiqur Rahman MM dan juga sebagai dosen Penanggung Jawab Mata Kuliah berharap setiap mata kuliah mengundang pakar-pakar atau praktisi yang ahli pada bidangnya.

“Hari ini kita hadirkan Pak Zulkifli sebagai pembicara, karena beliau merupakan Pimpinan Universitas yang menjalani karir dosen dengan pengalaman mulai dari Ketua Program Studi, Dekan Pertama Fakultas Hukum UPP, hingga saat ini sebagai Wakil Rektor I UPP,” terangnya.

Dekan Fakultas Ekonomi UPP juga menyampaikan ucapan terima kasih juga kepada Ketua Program Studi Manajemen yang telah memfasilitasi kuliah umum pada hari ini.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru