Minggu, 19 Mei 2024

Mahasiswa UPP Telah Selesai Melaksanakan Program Membangun Desa Tahun 2022

PASIRPENGARAIAN – Program Membangun Desa (PMD) merupakan salah satu dari 8 Kriteria Program MBKM yang telah di galakkan oleh Mas Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nasional Nadiem Makarim sejak tahun 2020 lalu, oleh karena itu mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) diberi kebebasan untuk memilih dan tidak ada paksaan dalam mengikuti kegiatan ini. Sehingga pada pelaksanaanya nanti mahasiswa bisa menawarkan program terbaiknya agar bisa diterapkan oleh masyarakat ditingkat desa dimana lokasi mahasiswa ditempatkan.

Ketua Panitia PMD UPP Tahun 2022 Ahmad Fathoni ST MT, Senin (26/12/2022) kepada Riauposting.id menyampaikan, bahwa untuk kegiatan Program Memangun Desa Tahun 2022 dilaksanakan di dua Desa yakni 1 Kelompok di tempatkan di Desa Masda Makmur, Kecamatan Rambah Samo dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Annajmi MPd dan 1 Kelompok lagi di tempatkan di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Rindi Genesa Hatika MSc. Dimana kegiatan ini dilaksanakan sejak 1 September 2022 hingga Akhir Desember 2022.

“Jumlah mahasiswa yang mengikuti Program Membangun Desa tahun 2022 sebanyak 17 orang. Terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasir Pengaraian,” tuturnya.

Kelompok Program Membangun Desa di Desa Masda Makmur telah berhasil melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk anak-anak mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP, baik proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah maupun kegiatan pramuka, Bimbel/kegiatan les sore. Kemudian untuk kegiatan kemasyarakatan mahasiswa telah berhasil melakukan kegiatan posyandu, menanam padi disawah, wirid yasin, olahraga, membantu masyarakat acara khitanan, acara pernikahan, acara melahirkan, memperingatai maulid Nabi Muhammad SAW dan lain-lain.

“Untuk  kegiatan di Pemerintahan mahasiswa telah berhasil melakukan kegiatan Pengaktifan Perpustakaan Bina Insani, membantu Administrasi Kantor Desa, membantu Administrasi BUMDesa, Membantu kegiatan di Puskesmas dan diakhiri dengan pembuatan Plang Nama Desa Masda Makmur di pinggir jalan poros,” ungkap Ahmad Fathoni.

Panitia Program Membangun Desa (PMD) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) foto bersama dengan Kades Masda Makmur dan perangkat desa
Panitia Program Membangun Desa (PMD) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) foto bersama dengan Kades Masda Makmur dan perangkat desa

Sedangkan untuk Kelompok Program Membangun Desa di Desa Pasir Agung mahasiswa telah berhasil melaksanakan kegiatan mengajar di SDN 006, MIN 2, MDTA, MTS Al Fata dan MA Al Fata sekaligus juga melakukan kegiatan Les di Posko Mahasiswa yang berlokasi di area Kantor Desa Pasir Agung, untuk kegiatan kemasyarakatan mahasiswa telah berhasil melakukan kegiatan Posyandu, Dasa Wisma, Wirid Yasin, Resepsi Pernikahan, Resepsi Khitanan dan lain sebagainya.

“Untuk di Pemerintahan Mahasiswa telah berhasil melaksanakan kegiatan membantu Administrasi Desa, membantu penyaluran BLT, mengikuti kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Riau dari Partai Demokrat Kelmi Amri SH, mengikuti perlombaan dan peringatan upacara Hari Guru Nasional, menghadiri kunjungan Anggota DPR RI dari Partai PDIP Efendi Sianipar MM, membantu Panitia Pilkades dari awal kegiatan Rapat, Penyusunan DPT, Kampanye Damai hingga proses Pemilihan dan penghitungan Suara Calon Kepala Desa terpilih dan di akhir dengan kegiatan melakukan pengecetan Gerbang arah masuk ke Desa Pasir Agung,” tambahnya.

Dengan berakhirnya PMD UPP Tahun 2022 ini Ahmad Fathoni selaku Ketua Panitia sekaligus sebagai Sekretaris LPPM UPP berharap kepada mahasiswa agar bisa menjadikan pengalaman yang telah didapat selama kegiatan bisa di terapkan di desa dimana mahasiswa berada.

“Bagi Desa tempat mahasiswa melaksanakan program semoga seluruh kegiatan dan program yang dilaksanakan oleh mahasiswa bisa bermanfaat bagi Pemerintah Desa, masyarakat, lembaga pendidikan, karang taruna dan semua unsur yang ada. Bagi Kampus agar kiranya untuk tahun 2023 agar tetap bisa melaksanakan kegiatan yang serupa karena kegiatan ini sangat di nanti oleh masyarakat ditingkat desa,” harapnya.

Selain itu, ucapan terimakasih kepada Rektor UPP Dr Hardianto MPd, Wakil Rektor I Zulkifli MH, Wakil Rektor II Hidayat MM, Kepala LPPM Dr Nurrahmawati MPd, seluruh unsur Pemerintahan Desa Masda Makmur, seluruh unsur Pemerintahan Desa Pasir Agung.

Seluruh Panitia PMD UPP tahun 2022 diantaranya Rahmi Fitria M Biomed, Urfi Utami MKom, Dosen DPL Annajmi MPd, Rindi Ganesa Hatika MSc dan Tata Usaha LPPM Winni Fitriani SM atas dukungan dan suportnya sehingga kegiatan Program Membangun Desa Universitas Pasir Pengaraian tahun 2022 dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan jadwal yang di tentukan.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru