Senin, 20 Mei 2024

Kembangkan Teknik Kultur Jaringan, Fakultas Pertanian UPP Kerjasama dengan PT Arara Abadi

PASIRPENGARAIAN – Untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) berkolaborasi dengan PT. Arara Abadi lakukan kerjasama tentang pengembangan teknik kultur jaringan.

Teknik kultur jaringan adalah metode perbanyakan tanaman dengan cara isolasi jaringan dan organ tanaman yang kemudian ditumbuhkan dalam skala in vitro. Teknik ini membutuhkan laboratorium khusus yang aseptik dan terkendali. Teknik kultur jaringan digunakan untuk perbanyakan bibit unggul, peningkatan keragaman genetik, proteksi tanaman serta menjaga plasma nutfah.

Penandatangan MoU dilakukan pada Kamis (22/12/2022) oleh Dekan Fakultas Pertanian UPP Lufita Nur Alfiah MSi dengan Direktur PT. Arara Abadi Edie Haris MZ. Dimana kedua belah pihak sudah sepakat untuk saling bersinergi dan berkolaborasi. Sinergitas kedua belah pihak berada pada lingkup pelaksanaan kegiatan akademik berbasis merdeka belajar kampus merdeka serta penguatan basis penelitian/riset di bidang tanaman industri.

Divisi RnD PT. Arara Abadi Dr Budi Tjahyono MEng mengatakan, bahwa Fakultas Pertanian UPP merupakan mitra pertama PT. Arara Abadi yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu, dan menyambut baik kerjasama yang akan dilakukan kedepannnya.

“Kami sangat menyambut baik kerjasama ini dengan Fakultas Pertanian UPP, dan ini menjadi mitra kerja pertama bagi PT. Arara Abadi,” paparnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UPP Lufita Nur Alfiah MSi, Jumat (23/12/2022) kepada Riauposting.id menyampaikan, bahwa PT. Arara Abadi merupakan mitra strategis untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan kompetensi SDM di lingkungan Fakultas Pertanian UPP.

“Tadi kami juga melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium di lingkup Research and Development PT. Arara Abadi. Tentu kualitas labor sudah sangat mumpuni. Salah satunya adalah Laboratorium Kultur Jaringan. Kedepan insyaAllah Labor Kultur Jaringan ini akan menjadi project prestisius Faperta UPP,” tuturnya.

Ka Prodi Agroteknologi, Al Muzafri MSi menambahkan, bahwa agenda kerjasama dengan PT. Arara Abadi juga merupakan rangkaian implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang telah dimenangkan oleh Prodi Agroteknologi beberapa waktu yang lalu.

“Penambahan mitra ini melengkapi seluruh kegiatan PKKM hingga sejauh ini sudah terlaksana 99%. Mudah-mudahan Agroteknologi lulus lagi hibah PKKM di tahun depan,” ujarnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru