Senin, 20 Mei 2024

Galeri Pemkab Rohul Lakukan Rapat Fasilitasi Terkait Lahan Pihak Perusahaan dengan Masyarakat

PASIRPENGARAIAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) melalui Bagian Administrasi Wilayah Setda Rohul telah melakukan mediasi rapat fasilitasi terkait konflik lahan antara pihak perusahaan dengan masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Dimana pada Senin 27 Juni 2022 Pemkab Rohul telah melaksanakan rapat fasilitasi perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) PT. Sumber  Jaya Indahnusa Coy (SJI Coy) dengan masyarakat Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, di Aula Lantai III Kantor Bupati Rokan Hulu.

Pada rapat tersebut dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Rohul, H Fhatanalia SSos, yang dihadiri Anggota Komisi I DPRD Rokan Hulu, Kasat Bhimas Polres Rohul, Kepala BPN Rohul, Kepala Disnakbun, Kepala Bagian Kerja Sama dan Administrasi Kewilayahan, Camat Kunto Darussalam, Lurah Kota Lama, LKA Luhak Kunto Darussalam, beserta tokoh masyaarakat dan pemuda, serta pimpinan PT. Sumber Jaya Indahnusa Coy.

Selanjutnya pada Rabu 21 September 2022 telah dilaksanakan Rapat Audiensi dengan Drs H T Arulan di Aula Lantai III Kantor Bupati Rokan Hulu yang ditaja oleh Pemkab Rohul melalui Bagian Administrasi Wilayah Pemkab Rohul.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Rohul, H Fhatanalia SSos, yang dihadiri Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah Bappeda, Surveyor Pemetaan Ahli Muda Bagian Kerjasama dan Administrasi Kewilayahan, Analis Kebijakan Ahli Muda Bagian Tata Pemerintahan, Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Rambah, Kuasa Hukum Drs H T Arulan.

Selain itu, pada Selasa 20 Desember 2022 telah dilakukan juga Rapat Fasilitasi Permasalahan Lahan PT Eka Dura Indonesia dengan masyarakat Desa Kota Intan, Kecamatan Kunto Darusaalam, dan Desa Kepenuhan Hulu, Kecamatan Kepenuhan Hulu, di Aula Lantai III Kantor Bupati Rokan Hulu.

Rapat itu dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Rokan Hulu, H Fhatanalia SSos dihadiri Kapolres Rokan Hulu, Kasat intelkam Polres Rokan Hulu, Kepala UPT KPH Rokan, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan, kepala DPMPD, Kepala Bagian Kerja Sama dan Administrasi Kewilayahan, Camat Kunto Darussalam, Danramil 10 Kunto Darussalam, Kepala Desa Kota Intan, Kepala Dea Kepenuhan Hulu, beserta tokoh masyarakat dan pemuda, serta pimpinan PT Eka Dura Indonesia.

Kabag Adwil Pemkab Rohul, M Franovandi SSTP MSi menjelaskan, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya Pemerintah untuk memediasi permasalahan antara masyarakat dengan pihak perusahaan terkait masalah lahan yang dikelola oleh pihak perusahaan.

“Ini merupakan upaya atau langkah yang kita lakukan untuk mencari solusi terbaik terkait permasalahan lahan antara masyarakat dengan pihak perusahaan yang memiliki usaha perkebunan,” paparnya.

Dari hasil mediasi tersebut, kata Ovan, Pemerintah menghimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk tetap sabar dan mengikuti proses sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu sangat berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Disamping itu kami juga menegaskan kepada pihak perusahaan untuk mengeluarkan atau menyalurkan apa yang sudah menjadi tanggungjawab pihak perusahaan kepada masyarakat sesuai dengan undang-undang di Negara Republik Indonesia ini,” tegasnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru