Sabtu, 25 Mei 2024

Dosen Prodi Teknik Mesin UPP Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Pasir Agung

PASIRPENGARAIAN – Dosen adalah Tenaga pendidik profesional dan ilmuwan di sebuah perguruan tinggi yang mentransfer ilmu pengetahuan maupun pengalaman dan pandangannya kepada mahasiswa. Dengan tugas utamanya Mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dari penjelasan di atas maka setiap dosen wajib melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat setidaknya 1 kali per semester. Begitu juga dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian (UPP) ini.

Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Bagi Usaha Industri Skala Rumah Tangga Di Desa Pasir Agung, Kecamatan Bangun Purba, adalah salah satu kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Ahmad Fathoni ST MT selau Ketua Tim dan Yose Rizal ST MT sebagai Anggota dengan sumber dana melalui kegiatan Hibah Internal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pasir Pengaraian.

Ahmad Fathoni kepada Riauposting.id, Sabtu (17/12/2022) menjelaskan, Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan suatu media untuk menjembatani dunia pendidikan dengan masayarakat, dimana Perguruan Tinggi dihadapkan pada masalah bagaimana agar warga masyarakat mampu menghadapi tantangan lebih jauh ke depan di era globalisasi tak terkecuali ibu-ibu pengusaha industri sekala rumah tangga.

“Tingkat keberhasilan pembangunan nasional Indonesia di segala bidang akan sangat bergantung pada sumber daya manusia sebagai aset bangsa. Untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan perkembangan seluruh sumber daya manusia yang dimiliki, dilakukan melalui pendidikan, baik melalui jalur pendidikan formal maupun jalur pendidikan non formal,” paparnya.

“Perkembangan dunia pendidikan saat ini sedang memasuki era yang ditandai dengan gencarnya inovasi teknologi, sehingga menuntut adanya penyesuaian sistem pendidikan yang selaras dengan tuntutan dunia kerja,” tambahnya.

Lanjutnya, Pendidikan memiliki nilai yang strategis dan urgen dalam pembentukan suatu bangsa. Pendidikan itu juga berupaya untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa tersebut. Sebab lewat pendidikanlah akan diwariskan nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa, karena itu pendidikan tidak hanya berfungsi untuk how to know, dan how to do, tetapi yang  amat penting adalah how to be, bagaimana supaya how to be, terwujud maka diperlukan transfer budaya dan kultur.

“Penerapan teknologi tepat guna merupakan suatu ajang persaingan untuk mengukur kemampuan masyarakat dalam berbagai bidang, bahasa dan sebagainya. Penerapan teknologi tepat guna yang dilakukan masyarakat merupakan salah satu bentuk upaya dari pemerintah untuk mewujudkan tujuan pemanfaatan teknologi sesuai dengan kondisi yang ada serta meningkatkan mutu dan kemampuan cara berfikir masyarakat pada umumnya.

“Mutu dan kemampuan cara berfikir didefinisikan sebagai kapasitas masyarakat untuk menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta dan data untuk memahami alam semesta dan membuat keputusan dari perubahan yang terjadi karena aktivitas manusia (OECD, 2013),” jelasnya.

“Firman (2007) juga mengatakan bahwa literasi sains merupakan sebagai kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti- bukti dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia. Dari pengertian tersebut maka perlu dilakukannya bimbingan khusus bagi seluruh generasi penerus bangsa yang paham dengan teknologi yang ada pada saat ini,” ungkapnya.

Ahmad Fathoni pada kesempatan itu juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Pasir Agung, Siswanto, Kepala Desa terpilih periode 2023 – 2029, Diyarodin, Ketua BPD Desa Pasir Agung, Munalim, Kepala Dusun Sumber Mulyo, Heri Purnomo, Wakil Ketua BPD, Susanti Hasanah SPdI, Ketua PKK Desa Pasir Agung, Wahyu Purwaningsih SPd.

“Terimakasih juga kepada Mahasiswa Program Membangun Desa Tahun 2022, Ibu-ibu pengusaha industri sekala rumah tangga dan seluruh undangan yang hadir atas partisipasi dan keseriusannya untuk mengikuti kegiatan ini. Semoga kerjasama antara Kampus dengan Desa tetap terjaga dengan baik setelah terselenggaranya kegiatan ini,” ucapnya.

Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Bagi Usaha Industri Skala Rumah Tangga di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pasir Agung, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu dengan peserta dari kaum ibu-ibu yang memiliki Usaha Industri Skala Rumah Tangga, dan mahasiswa Program Membangun Desa tahun 2022.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru