Senin, 20 Mei 2024

Jadi Pemateri Seminar Nasional, Dekan FKIP UPP Tekankan Mahasiswa Harus Berkompetensi Dibidang Public Speaking

PASIRPENGARAIAN – Public speaking merupakan salah satu contoh dari soft skill atau kemampuan diluar akademik. Kemampuan berbicara di depan umum ini sangat penting diasah sejak usia dini. Pasalnya berbicara di depan umum akan sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Pernyataan itu disampaikan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Pipit Rahayu MPd ketika menjadi pemateri pada Seminar Nasional Public Speaking yang ditaja oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Putera Batam (UPB) Kepulauan Riau dengan mengusung tema “Public Speaking Menjadi Pembicara Hebat, Berbicara dengan Penuh Pesona” secara virtual melalui Micsrosft Teams (MS Teams), Sabtu (03/12/2022) pukul 14.00 WIB.

Pipit menjelaskan, bahwa seluruh mahasiswa diharuskan mempunyai kompetensi dibidang public speaking. Karena public speaking merupakan salah satu contoh dari soft skill atau kemampuan di luar akademik. Kemampuan berbicara di depan umum ini sangat penting diasah sejak usia dini. Pasalnya berbicara di depan umum akan sangat dibutuhkan di dunia kerja.

“Tujuan public speaking adalah menyampaikan informasi, memberikan motivasi, meyakinkan audiens, menghibur audiens, dan mengendalikan suasana,” paparnya.

Pipit Rahayu yang merupakan Mantan Dara Rokan Hulu itu mengatakan, manfaat memiliki kemampuan Public Speaking mampu meningkatkan kepercayaan diri. Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, nyaris dipastikan tidak akan gugup lagi ketika dihadapkan oleh audiens.

“Public speaking juga bermanfaat untuk kehidupan sosial sehari-hari. Biasanya, public speaker yang baik mampu membuka pembicaraan terhadap lawan bicaranya meskipun sebelumnya tidak kenal,” ujarnya.

Selain itu, Dekan FKIP UPP menambahkan, bahwa keterlibatan menjadi narasumber dalam seminar nasional tersebut adalah wujud dari implementasi Mou atau kerjasama yang telah dibina antara FKIP UPP dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Putera Batam.

“Hal ini telah berlangsung selama tiga tahun dan diharapkan kedepannya mampu bekerjasama dibidang lainnya dalam pelaksanaan penelitian, pengabdian dan tri dharma perguruan tinggi lainnya,” tuturnya.

Melalui seminar nasional itu, kata Pipit, sangat diharapkan kedepannya mampu menggerakkan atupun memberikan motivasi kepada para Dosen di lingkungan UPP khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu pendididkan untuk terus mengembangkan skill dan juga potensi sehingga menjadi pendidik yang berketerampilan baik dan profesional.

Pada seminar Nasional tersebut, UPB menghadirkan tiga pemateri diantaranya, Dr Pipit Rahayu MPd seorang peneliti, penulis, dan dosen di Universitas Pasir Pengaraian, Dr Gloria Anjelita MSi, seorang peneliti, penulis, dan dosen di Universitas Sahid Jakarta, dan  Yunisa Oktavia SPd MPd seorang peneliti, penulis, dan dosen di Universitas Putera Batam.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru