Senin, 20 Mei 2024

Ini Keunggulan Bagi Lulusan Program Studi Manajemen UPP

PASIRPENGARAIAN – Manajemen adalah Program Studi (Prodi) yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan, organisasi atau lainnya. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses demi tercapainya tujuan yang diinginkan.

Menurut Ka Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Purwantoro SE MSi mengatakan, keunggulan lulusan Program Studi Manajemen adalah mampu menjelaskan teori-teori ekonomi, baik manajemen maupun bisnis.

“Selain itu, lulusan Prodi Manajemen UPP juga mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah manajemen dan bisnis dengan pemikiran kritis serta inovatif,” tutur Purwantoro kepada Riauposting.id, Rabu (30/11/2022) petang.

Melalui Prodi Manajemen, kata Purwantoro, mahasiswa juga didik berbagai hal penting dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini tentu akan membuat mahasiswa lebih faham terkait cara mengelola segala sesuatu sehingga berpeluang menjadi pemimpin di dunia kerja.

Dia juga mengakui, Prodi Manajemen Fekon UPP menjadi salah satu jurusan yang paling diminati oleh mahasiswa. Sehingga menyebabkan Prodi Manajemen Fekon UPP menjadi Fekon yang jumlah mahasiswa terbanyak di lingkungan UPP.

“Kalaulah kita berbicara apa saja profesi yang bisa dijalani oleh seorang lulusan Prodi Manajemen diantaranya sebagai Tenaga Pendidik (Dosen), Manajer SDM, Manajer Keuangan, Konsultan Bisnis, Akuntan, dan Pengusaha,” paparnya.

Kemudian, apakah lulusan Prodi Manajemen bisa kerja di perbankan, tambah Purwantoro, tentunya sangat bisa. Karena di Prodi Manajemen UPP mahasiswa juga dihadapkan dengan mata kuliah tentang bagaimana memanajemenkan keuangan.

“Konsentrasi manajemen keuangan ini mempelajari teknik dan analisa pengolahan keuangan. Jika nantinya bekerja di bank, lulusan manajemen akan diterima di bagian-bagian yang berhubungan dengan manajemen,” ungkapnya.

Purwantoro lebih lanjut memaparkan, selain mahasiswa dihadapkan dengan mata kuliah manajemen keuangan, mahasiswa juga di didik bagaimana memanajemenkan operasional, baik itu manajemen operasional di instansi pemerintah, perusahaan, bisnis maupun di instansi lainnya.

“Manajemen operasional merupakan bagian manajemen yang erat kaitannya dengan mengawasi, merancang, dan mengendalikan kegiatan produksi. Selain itu, manajemen operasional juga bertugas mengendalikan kegiatan produksi dan proses perbaikan strategi kegiatan bisnis dalam hal produksi barang dan jasa,” terangnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru