Senin, 20 Mei 2024

Majukan Dunia Pendidikan, FKIP UPP Siap Cetak Calon Guru Berkualitas

PASIRPENGARAIAN – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) sangat serius dan selalu siap untuk mencetak calon guru yang professional dan berkualitas.

Dekan FKIP UPP, Dr Pipit Rahayu MPd kepada Riauposting.id, Selasa (29/11/2022) menjelaskan, bahwa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPP jauh-jauh hari telah mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan dalam mencetak calon guru yang professional dan berkualitas yang nanti akan menjadi tenaga pendidik untuk menciptakan sumber dana manusia yang maju.

“Untuk mencetak calon guru yang professional dan berkualitas FKIP UPP sudah melengkapi segala kebutahan, baik itu tenaga pendidik (dosen) yang sudah ahli dibidangnya masing-masing maupun kebutuhan yang lainnya,” papar Pipit.

Mantan Dara Rohul itu menambahkan, berdasarkan undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8 tentang guru dan dosen, maka para calon guru harus menguasai 4 kompetensi diantaranya, kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi professional.

“Dengan kompetensi pedagogik, seorang guru atau dosen diharapkan mampu dalam memahami peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, pengembangan peserta didik, dan evaluasi hasil belajar peserta didi untuk mengaktualisasi potensi yang mereka miliki,” ujarnya.

Diakuinya, calon guru harus memiliki kompetensi kepribadian. Karena ketika sudah dilapangan, maka seorang guru tidak hanya dituntut dari kemampuan mengajar, namun juga dari kepribadiannya yang akan menjadi nilai plus bagi seorang guru.

“Calon guru harus menguasai kompetensi professional yang akan didapatkan jika mengikuti pendidikan profesi guru sehingga akan terlihat penguasaan keilmuannya masing-masing,” ungkapnya.

Lanjut Pipit, penguasaan kompetensi sosial yang juga sangatlah penting, karena seorang calon guru atau tenaga pendidik juga harus mumpuni dalam berkomunikasi lebih baik dengan sesama guru maupun mahasiswa atau siswa.

Pipit mengakui, dalam mencetak calon guru yang professional dan berkualitas, FKIP UPP telah mempersiap calon guru sesuai dengan jurusan atau Program Studi (Prodi) diantaranya, Pendidikan Matematikan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, serta Pendidikan Ilmu Sosial.

“Di FKIP UPP ini, mahasiswa atau calon guru mengikuti lima tahapan pembelajaran, yakni pendalaman materi professional dan pedagogik, analisis materi ajar, penyusunan perangkat pembelajaran, dan praktik,” jelasnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru