Minggu, 19 Mei 2024

Sebanyak 96 Rumah Warga di Rantau Binuang Sakti Terendam Banjir

KEPENUHAN – Berjumlah 96 rumah warga Desa Rantau Binuang Sakti (RBS), Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terendam banjir akibat meluapnya air sungai Batang Lubuh.

Kades RBS, Tamrin kepada Riauposting.id, Kamis (17/11/2022) menjelaskan, puluhan rumah warga di 3 (tiga) dusun di Desa RBS terendam banjir itu sejak Selasa (15/11/2022) pagi. Meluapnya air sungai Batang Lubuh akibat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Rohul, terkhusus Desa RBS.

“Pada Rabu (16/11/2022) malam hingga Kamis (17/11/2022) pagi, banjir yang merendam rumah dan perkarangan rumah penduduk telah mulai surut,” papar Tamrin.

Tamrin mengakui, dari musibah alam yang terjadi, masyarakat 3 dusun yang mayoritas nelayan dan petani, tidak bisa melakukan aktivitas, akibat luapan air Sungai Batang Lubuh menggenangi ruas jalan desa dan perkarangan rumah mereka.

“Hanya sebagian rumah warga yang terendam banjir, karena rata-rata rumah warga di Desa RBS berbentuk panggung. Sehingga air sebagian besar menggenangi perkarangan rumah,” ujarnya.

Lanjutnya, dari 96 rumah yang terdata terdampak banjir, berada di 3 dusun yakni Dusun 1 Air Mindah sebanyak 23 KK, Dusun 2 Bunga Tanjung sebanyak 43 KK dan Dusun 3 Rantau Binuang sebanyak 33 KK.

“Kami dari Pemerintah Desa RBS telah menyampaikan data korban banjir ke Camat Kepenuhan, dan kondisi lapangan terkini hingga Kamis (17/11/2022) pagi telah berangsur surut. Hanya sebagian titik ruas jalan yang tergenang banjir dan perkarangan rumah berangsur surut hingga menjelang siang,” paparnya.

Tamrin menguraikan, masyarakat Desa RBS dalam menghadapi banjir musiman ini sudah terbiasa. Banjir yang berlangsung selama dua hari (Selasa dan Rabu),  warga keluar rumah menggunakan sampan untuk membeli keperluan rumah tangga.

“Untuk bantuan korban banjir, saat ini baru Polsek Kepenuhan yang menyalurkan kepada warga yang rumahnya tergenang banjir. Sementara bantuan BPBD dan Dinas Sosial belum ada,” katanya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru