Sabtu, 25 Mei 2024

Bersama Dua Rekannya, Ahmad Fathoni Resmi Nakhodai Panwaslu Bangun Purba

PASIRPENGARAIAN – Ahmad Fathoni ST MT yang biasa disapa dengan panggilan Pak Thoni merupakan anak ke-3 dari pasangan H Warseno dan Hj Winarti. Lahir di Desa Pasir Agung pada 17 Agustus 1983 tepatnya 39 tahun yang lalu.

Sebelum menakhodai Panwaslu Bangun Purba, dimana riwayat pendidikan, Ahmad Fathoni sebelumnya pernah menjadi siswa di SDN 048 Pasir Agung dan tamat sekolah pada 10 Juni 1994, kemudian dia juga pernah sekolah di SMP Muhammadiyah Rambah, dan menyelesaikan pendidikannya di SMPN tersebut pada 10 Juni 1997.

Dia juga pernah sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dan tamat pada 12 Juni 2000. Kemudian pernah juga D III Akademi Teknologi Muhammadiyah (ATOM) Pekanbaru, Tamat 05 September 2007, selanjutnya S1 Teknik Mesin Universitas Pasir Pangaraian, Tamat 15 Juni 2013 sedangkan S2 Teknik Mesin Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Jakarta, Tamat 29 Februari 2016.

Ahmad Fathoni kepada Riauposting.id, Rabu (16/11/2022) menjelaskan, menjadi Pengawas Pemilu sudah di jalaninya sejak Pemilu tahun 2009 lalu, hal tersebut dibuktikan dengan jabatan pertama kalinya sebagai Panitia Pengawas Pemilu Lapangan ditingkat Desa dengan Surat Keputusan Nomor : SK.02 / PANWASLU-BP / I / 2009 tanggal 11 Januari 2009 yang ditandatangani oleh Ketua Panwaslu masa itu Khairuddin.

“Berawal dari situlah akhirnya disetiap perhelatan Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah kami selalu aktif dan ikut menjadi Pengawas dan Penyelenggara Pemilihan umum,” jelasnya.

Adapun menjadi pengawas dan penyelenggara pemilu yang pernah dia ikuti diantaranya, Pemilihan Gubernur Riau Tahun 2013, Menjabat sebagai Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Bangun Purba bersama dua sahabat lainnya Syafrion Lubis dan Amru Fauzi.

Pada pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2014, Menjabat sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Bangun Purba bersama dua sahabat lainnya Syafrion Lubis dan Amru Fauzi.

Pemilihan Presiden Tahun 2014, Menjabat sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Bangun Purba bersama dua sahabat lainnya Syafrion Lubis dan Amru Fauzi.

Pemilihan Kepala Daerah Rokan Hulu Tahun 2015, Menjabat sebagai Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bangun Purba bersama empat sahabat lainnya Armen, Khoiruddin, Ma’bul Uduk dan Riki Riharji Lubis.

Pemilihan Gubernur Riau Tahun 2018, Menjabat sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Bangun Purba bersama dua sahabat lainnya Riki Riharji Lubis dan Mu’ammar.

Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019, Menjabat  sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Bangun Purba bersama dua sahabat lainnya Riki Riharji Lubis dan Mu’ammar.

Pemilihan Kepala Daerah Serentak Rokan Hulu Tahun 2020, Menjabat sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Bangun Purba bersama dua sahabat lainnya Riki Riharji Lubis dan Amru Fauzi.

“Untuk Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024, kami bersama dua rekan lainnya yakni Riki Riharji Lubis SPd dan Rustam Efendi Nasution kembali diberi Amanah untuk menakhodai Panwaslu Bangun Purba dan telah dilakukan Pelantikan di Hotel Sapadia pada 28-29 Oktober 2022 yang lalu,” ujarnya.

Kepada Riauposting.id, Ahmad Fathoni juga menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi tingginya kepada Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Wakil Rektor, Kepala LPPM, Dekan Fakultas Teknik dan Kaprodi Teknik Mesin yang telah memberikan izin untuk dapat melaksanakan kegiatan Pengabdian di luar Kampus yakni menjadi Komisioner Panwaslu Kecamatan Bangun Purba pada Pemilu serentak tahun 2024 yang akan datang.

“Ucapan terimakasih kepada seluruh Pimpinan Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu beserta Sekretariat dan jajarannya atas Amanah yang telah diberikan, semoga kedepan bisa menjalankan Amanah ini dengan sebaik mungkin,” tuturnya.

Selain aktif di Kampus dan di Lembaga Pengawas Pemilihan Umum, Ahmad Fathoni juga aktif di Organisasi keagamaan yakni di Muhammadiyah dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Rokan Hulu. Hal tersebut dikarenakan orang tuanya juga merupakan tokoh Muhammadiyah.

“Sejak masih di bangku sekolah kami selalu menempuh pendidikan di sekolah Muhammadiyah, yakni mulai dari SMP Muhammadiyah Rambah, SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ATOM Pekanbaru sehingga pada awal tahun 2022 yang lalu resmi memiliki Kartu Anggota Persyarikatan yang langsung ditandatangani oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir MSi di Yogyakarta dan juga telah dilantik sebagai Kabid Kerjasama pada kepengurusan ICMI Orda Rokan Hulu tahun 2022-2026,” terangnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru