Kamis, 23 Mei 2024

Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan Jadi Icon Wisata Religius Rohul

PASIRPENGARAIAN – Sebagai Kabupaten yang dijuluki sebagai Negeri Seribu Suluk, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) canangkan Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi Naqsabandi di Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan Kepenuhan, menjadi icon sebagai Objek Wisata Religius di kabupaten Rokan Hulu.

Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten Rokan Hulu, H Sukiman saat menghadiri agenda peringatan milad ke-211 Tuan guru Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi sekaligus penutupan suluk tahun 2022, Senin (14/11/2022) pagi.

Sukiman mengatakan, sejak dirinya menjabat sebagai Bupati Kabupaten Rokan Hulu, ia telah mempersiapkan segala halnya untuk menjadikan Madrasah Surau Suluk Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsabandi sebagai Objek Wisata religius di Kabupaten Rokan Hulu.

“Mulai saya menjadi Bupati, hal ini sudah kita persiapkan, dari areal seluas 8,6 hektar yang telah kita persiapkan, dan ini nantinya akan kita jadikan objek wisata religius,” ungkap Bupati.

Mengingat bangunan Madrasah Surau Suluk yang belum selesai, Bupati Sukiman juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu juga akan menganggarkan anggaran sebesar Rp 1 Milyar dari APBD pada tahun anggaran 2023 mendatang.

“Untuk tahun 2023 nanti kita sudah anggarkan dana sebesar Rp 1 miliyar untuk penuntasan pembangunan gedung surau suluk peninggalan Syekh Abdul Wahab Rokan ini. Kemudian untuk jalan ini, nantinya akan kita perkeras sehingga nantinya juga akan diaspal,” lanjut Bupati lagi.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Rohul, Gorneng membenarkan terkait perencanaan Bupati Kabupaten Rokan Hulu untuk menjadikan Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi Naqsabandi sebagai objek wisata religius di Kabupaten Rokan Hulu.

“Sesuai dengan Kabupaten kita yang berjulukan Negeri Seribu Suluk, maka gimana kedepan kita akan jadikan suluk ini sebagai Icon wisata religious di Rokan Hulu,” kata Gorneng.

Diakui Gorneng bahwa kegiatan Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi Naqsabandi sudah menjadi event kalender tahunan, dimana kedepan Pemkab Rohul akan sharing badget dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam memenuhi kebutuhan di Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi Naqsabandi tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa RBS, Thamrin mengaku berterima kasih kepada Pemerintah Kecamatan maupun Pemerintah Kabupaten yang begitu peduli dengan perkembangan Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi Naqsabandi di Desa Rantau Binuang Sakti.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru