Sabtu, 25 Mei 2024

TIM UPP Laksanakan PKM Pemantapan Kemampuan Mengajar Guru Pasca Pandemi Covid-19 di MI Darussalam

PASIRPENGARAIAN – Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi sektor pendidikan di Indonesia. Semua aktivitas dibatasi dan menjadi lumpuh termasuk proses pembelajaran karena sekolah ditutup. Tidak ada lagi pembelajaran di dalam kelas maupun perkumpulan pengembangan ekstrakurikuler di seluruh instansi pendidikan.

Sehingga pemerintah, tenaga pendidik, guru, siswa dan orangtua berusaha untuk beradaptasi dengan keadaan saat ini yang mengalami banyak perubahan. Banyak permasalahan dan persoalan yang dihadapi oleh seluruh komponen Pendidikan dalam menyelenggarakan keberlanjutan pembelajaran sebagaimana mestinya.

MI Darussalam Pasir Pengaraian merupakan salah satu sekolah yang berdampak Covid-19, dimana pihak sekolah juga mengikuti anjuran dari pemerintah untuk melaksanakan sekolah secara daring. Namun saat ini, MI Darusalam telah melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka langsung.

Ketua Tim PKM UPP, Rindi Genesa Hatika MSc, Sabtu (12/11/2022) mengatakan, permasalahan mulai timbul disaat pembelajaran tatap muka dilakukan, sesuai dengan hasil wawancara dengan salah seorang guru yang mengajar di kelas 2, mendapati bahwa kebanyakan siswa kelas 2 masih belum dapat membaca dan menulis secara benar dikarenakan semasa mereka berada dikelas 1 pembelajaran dilaksanakan secara daring.

“Timbulnya permasalahan akan kemampuan belajar siswa yang telah lama belajar secara daring menjadi cambuk tersendiri bagi guru, guru dituntut harus memberikan pembelajaran secara lebih mendalam dan bermakna. Oleh karena itu, Tim PKM Universitas Pasir Pengaraian memilih MI sebagai mitra untuk dilaksanakannya kegiatan PKM Pemantapan Kemampuan Mengajar Guru Pasca Pandemi Covid-19 di MI Darussalam Pasir Pengaraian,” tutur Rindi.

Lanjutnya, kegiatan PKM ini dilaksanakan pada Sabtu 12 November 2022. Adapun  kegiatan dilaksanakan adalah 1) Workshop Kemampuan Mengajar, 2) Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran, dan 3) Praktik Mengajar.

“Tim ini terdiri dari Ketua Rindi Genesa Hatika MSc, Anggota Ika Daruwati MSc, Sohibun MPd dari prodi Pendidikan Fisika Universitas Pasir Pengaraian serta narasumber dari akademisi SD/MI yaitu Pariang Sonang Siregar MPd. Kegiatan ini diikuti hampir seluruh guru MI Darussalam yang berjumlah 14 orang,” jelasnya.

Diakui Rindi, ketika dalam pelaksanaan PKM tersebut, Kepala MI Darussalam berharap kegiatan serupa dapat sering dilaksanakan di madrasah mereka agar dapat mengupdate ilmu yang dimiliki oleh guru-guru. Selain itu, peserta juga merasa lebih percaya diri dengan adanya PKM Pemantapan kemampuan mengajar ini.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru