Senin, 20 Mei 2024

Hardianto Tegas Mahasiswa Harus Manfaatkan Waktu Selama di Kampus

PASIRPENGARAIAN – Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Dr Hardianto MPd meminta dan menegaskan kepada mahasiswa harus memanfaatkan waktu selama di kampus untuk mengumpulkan rekam jejak, kompetensi, dan kemampuan yang bisa dimanfaatkan setelah lulus.

“Tantangan mahasiswa saat ini bisa dikatakan sangat berat. Perubahan di era revolusi industri 4.0 saja sudah cukup berat, ditambah pada era yang serba canggih ini mahasiswa harus mampu untuk lebih revolusioner,” tegas Hardianto kepada Riauposting.id, Selasa (02/11/2022).

Dia mengatakan, masa kuliah di perguruan tinggi adalah waktu yang singkat. Mahasiswa harus dapat memanfaatkan waktu yang singkat itu untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan serta menambah rekam jejak melalui berbagai sumber secara mandiri.

“Rekam jejak, kompetensi, dan kemampuan akan membuat mahasiswa siap untuk bersaing setelah lulus. Setelah lulus tidak hanya indeks prestasi kumulatif saja yang dilihat, tetapi juga apa saja yang sudah dilakukan mahasiswa selama menempuh pendidikan,” tuturnya.

Rektor UPP menambahkan, mahasiswa tak hanya mengejar IPK saja, tetapi mahasiswa harus pastikan pengembangan kualifikasi dan sertifikasi. Kemudian mahasiswa harus kuat dan bangunlah jaringan (Networking) sebagai investasi masa depan.

“Buang jauh rasa malu dan pupuklah pengalaman dalam banyak hal. percaya diri dan yakin dengan kemampuan sendiri adalah kunci sukses. temukan bakat terpendam dan pilihlah hobi yang disukai untuk ditekuni,” ungkapnya.

Lanjutnya, ketekunan pada hobi sering kali menjadi jalan keluar bagi seseorang dalam menjalani rutinitas keseharian. Hal ini pula yang bisa dipupuk sejak berada di kampus sewaktu menjalani masa studi, menemukan komunitas yang sama dan sehobi tentu akan semakin bermanfaat bagi pengembangan diri seseorang.

“Kampus adalah tempat belajar, tetapi jangan sempitkan pemahaman bahwa belajar harus di dalam kelas yang dipandu oleh dosen. Banyak ilmu yang dapat diambil dari kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di kampus. Maka dari itu, jangan lewatan kesempatan tersebut,” kata Rektor UPP.

Berita Lainnya

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru