Kamis, 23 Mei 2024

Dosen Kewirausahaan UPP Bagikan Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Mahasiswa

PASIRPENGARAIAN – Ketika berbicara mengenai bisnis, seringkali akan terpaku pada sejumlah pemikiran mengenai prosedur dan sistem yang sulit untuk dijalankan. Berbagai hal, ini menjadi sebuah gambaran yang rumit, dimana pelaku usaha tidak pernah mengerti dengan baik bagaimana dan darimana akan memulai sebuah bisnis yang diimpikan. Padahal di dalam kenyataannya, bisnis tentu tidak akan selalu serumit itu.

Apapun bisnis yang akan dijalankan nanti, lakukan hal itu dengan langkah-langkah yang tepat. Hal ini akan membantu pelaku usaha untuk bisa lebih mudah dalam mengelola bisnis tersebut di masa yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Tryani Capeg Handmandho SKM MBA selaku Dosen Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Pasir Pengaraian (UPP) kepada Riauposting.id, Senin (31/10/2022) malam.

“Untuk memulai bisnis harus dipikir segala sesuatunya secara matang. Namun mahasiswa tidak perlu takut untuk memulai bisnis, ada beberapa tips sukses yang harus dilakukan mahasiswa untuk memulai bisnis,” ungkapnya.

Menurutnya ada beberapa tips sukses untuk yang dapat dilakukan mahasiswa untuk memulai bisnis. Diantaranya, Pertama perhitungkan modal sejak awal. Bisnis tentu akan selalu membutuhkan sejumlah modal awal untuk menjalankannya, dimana hal ini patut menjadi sebuah pertimbangan khusus bagi mahasiswa. Lakukan perhitungan dan juga perbandingan yang tepat, seandainya mahasiswa menggunakan sejumlah modal dari pihak luar dengan ketika mahasiswa kelak akan memberi modal sendiri bisnismu.

Tryani Capeg Handmandho SKM MBA selaku Dosen Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Pasir Pengaraian (UPP) ketika menghadiri rakernas PPJI beberapa pekan lalu
Tryani Capeg Handmandho SKM MBA selaku Dosen Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Pasir Pengaraian (UPP) ketika menghadiri rakernas PPJI beberapa pekan lalu

“Dalam hal ini mahasiswa akan membutuhkan perhitungan yang akurat, dimana perlu menghitung potensi keuntungan dan juga tingkat risiko yang akan diberikan oleh sumber modal tersebut. Beberapa kebijakan mungkin akan sangat dibutuhkan, agar modal yang digunakan bisa berkembang dengan maksimal dan mendatangkan keuntungan,” papar Tya.

Tips Sukses yang Kedua, lanjut Owner Hore Steak Rohul, Magang dan Terjun Langsung ke Dunia Bisnis. Belajar yang paling tepat adalah ketika mahasiswa secara langsung praktek dan berada di tengah-tengah lapangan kerja itu sendiri.

“Untuk mendapatkan itu, mahasiswa bisa terjun langsung dan magang di sebuah perusahaan, di mana mahasiswa itu bisa memiliki kesempatan yang luas untuk belajar dan mendapatkan ilmu yang berharga di sana,” tuturnya.

Tya yang juga Ketua DPC PPJI Rohul itu menambahkan, adapun tips sukses memulai bisnis yang Ketiga yaitu Belajar Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran. Maksudnya, mengingat mahasiswa adalah generasi sekarang yang aktif dan mengikuti perkembangan teknologi, maka mahasiswa juga harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan hal tersebut di dalam bisnis. Mulailah mempelajari bagaimana cara untuk memaksimalkan berbagai media sosial yang ada saat ini untuk memajukan bisnis yang akan dijalankan nanti.

“Nah untuk tips sukses yang Keempat yaitu, Belajar Untuk Tangguh dan Mampu Mengatasi Kegagalan. Tak ada jalan mudah untuk mencapai kesuksesan, termasuk di dalam dunia bisnis sekalipun. Sadari hal ini sejak awal, agar mahasiswa selalu berupaya sekeras mungkin untuk bisa yakin pada bisnis yang dijalankan.

“Mental yang baik sejak awal, akan membantu untuk bertahan, belajar dan belajar terus dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan. Gagal itu soal biasa, namun yang membedakan kegagalan seseorang dengan yang lainnya adalah ketika orang tersebut selalu bisa bangkit dan memperbaiki kegagalannya,” terang Tya.

Jadi, kata Tya, memulai bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Jangan khawatir, jika mahasiswa memiliki keinginan yang besar untuk belajar bisnis sejak muda, maka keberhasilan bisnis tersebut juga akan lebih cepat terealisasikan.

“Mulailah berbisnis sekarang, agar kesuksesanmu dimasa yang akan datang lebih awal didapatkan dan dapat dinikmati,” ungkapnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru