Senin, 20 Mei 2024

Prospek dan Peluang Kerja Bagi Lulusan Jurusan Hukum

PASIRPENGARAIAN – Salah satu jurusan kuliah favorit mahasiswa adalah jurusan hukum. Jurusan ini ternyata bukan semata-mata menempa lulusannya untuk menjadi sosok penghafal undang-undang, lebih dari itu ada banyak pembentukan karakter positif yang dihasilkan.

Anak-anak hukum adalah mereka yang tumbuh sebagai pemberani, pantang mundur saat ada masalah. Kuliahnya pun lebih rileks dan sangat cocok bagi yang tidak suka banyak berhitung. Keuntungan kuliah jurusan hukum ini cukup banyak, peluang kerjanya pun cukup menjanjikan.

Banyak peluang kerja bagi lulusan jurusan hukum yang bisa dipilih saat kuliah di jurusan ini, baik untuk jenjang sarjana, maupun bagi yang ingin lanjut magister atau doktor.

Zulkifli SH MH CLA selaku Wakil Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Sabtu (15/10/2022) kepada Riauposting.id menjelaskan, bahwa salah satu peluang kerja bagi lulusan jurusan hokum adalah menjadi Reporter Pengadilan. Seorang reporter pengadilan bertugas untuk mencatat dan mentranskripsikan proses jalannya pengadilan yang berlangsung.

“Pekerjaan ini mungkin jarang didengar orang awam, padahal peluangnya cukup menjanjikan bagi lulusan hokum,” ujarnya.

Zulkifli yang juga dosen Fakultas Hukum UPP itu menambahkan, peluang kerja selanjutnya yaitu sebagai Pengacara. Karena tugas pengacara adalah membela klien untuk mendapatkan hak-haknya.

“Penanganan kasusnya dibatasi apakah perdata atau pidana sesuai dengan kapasitas dan kemampuan pengacara. Keberhasilan kasus yang ditangani akan menjadi nilai dan daya jual gaji seorang pengacara,” ungkapnya.

Adapun peluang kerja berikutnya yaitu sebagai PNS di Bidang Hukum. Banyak kantor-kantor instansi pemerintah yang membuka peluang lowongan CPNS untuk sarjana hukum, magister atau doktor.

“Nah jika lulusan jurusan hukum punya cita-cita menjadi ASN, maka kuliah di jurusan hukum ini juga bisa mengantarkan kita meraih cita-cita tersebut,” paparnya.

Dia mengakui, masih banyak peluang kerja yang lain bagi lulusan jurusan hukum diantaranya, sebagai Hakim, Dosen dan lainnya. Untuk meraih itu semua tentunya mahasiswa diharuskan menuntut ilmu jurusan hukum.

“Meski sudah melakukan perkuliahan di jurusan hukum, namun lulusan jurusan hukum juga harus tekun dan sabar untuk meraih pekerjaan tersebut. Harus kerja keras untuk menggapai cita-cita,” terangnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru