Sabtu, 25 Mei 2024

Manfaat dan Tips Mudah Mempelajari Ilmu Fisika

PASIRPENGARAIAN – Bagi kebanyakan orang mempelajari ilmu Fisika merupakan hal yang sangat sulit. Bidang keilmuan ini mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda di alam yang diimplementasikan melalui rumus-rumus. Tetapi kini  ada beberapa tips agar mudah memahami fisika secara terintegrasi dan koheren (menyeluruh), sehingga mampu menerapkan dan memecahkan masalah secara efektif.

Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd kepada Riauposting.id, Jumat (14/10/2022) menjelaskan, bahwa melalui beberapa pendekatan untuk menjelaskan sejumlah besar fenomena alam yang kompleks dengan sejumlah kecil hukum dan prinsip, fisika tidak lagi menjadi momok bagi pelajar maupun mahasiswa.

“Dalam penelitian, banyak hal yang tidak sesuai dengan tempatnya. Selama ini rumus dalam fisika itu dihafalkan. Padahal sesunguhnya rumus itu suatu cara untuk memahami sesuatu secara lebih detail. Artinya belajar Fisika tidak melulu menghafalkan rumus-rumus,” jelas Hardianto.

Menurutnya, ada beberapa hal yang menghambat proses penyerapan ilmu. Salah satunya, ketidaksamaan pemahaman dalam mempelajari ilmu fisika. Hal ini didasari pengetahuan yang didapat mahasiswa sejak di bangku perkuliahan dengan karakter dosen dalam proses pembelajaran.

“Teori yang didapat sebelumnya itu terjadi perbedaan pemahaman dan pengalaman yang panjang. Banyak yang dibuat dan diingat berdasarkan asumsi pribadi, dan tidak sejalan dengan ilmu fisika yang ada,” paparnya.

Hardianto menambahkan, mempelajari ilmu fisika ada beberapa aspek yang berkaitan, yaitu: berkaitan dengan teori naif pelajar, yang berkaitan dengan bahasa, dan berkaitan dengan matematika dalam fisika.

“Adapun manfaat mempelajari ilmu fisika yaitu dapat merangsang dan memberikan tantangan dalam bidang akademik, Pengetahuan fisika dapat membantu di tempat kerja kelak setelah lulus, dan dapat menemukan sebuah komunitas baru selama masa studi,” tuturnya.

Lanjut Rektor UPP, adapun manfaat yang lain dari belajar ilmu fisika adalah mendapatkan transferable skills yang sangat disukai para pemberi kerja seperti, Keahlian memecahkan masalah dan analisa, Keahlian melakukan penelitian, serta Keahlian komunikasi dan presentasi.

“Jadi mempelajari ilmu fisika tidak sesulit yang kita bayangkan. Justru pengetahuan tentang ilmu fisika sangat perlu dimiliki dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru