Minggu, 19 Mei 2024

Tiga Mahasiswa Agroteknologi FP UPP Ikuti Pertukaran Mahasiswa di ITP2I

PASIRPENGARAIAN – Melalui Program Kompetisi-Kampus Merdeka (PKKM) 2022 sebanyak 3 mahasiswa semester V Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian (FP) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) mengikuti pertukaran mahasiswa selama satu semester di Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I).

Selain ke ITP2I, Program Studi Agroteknologi FP UPP telah mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti pertukaran mahasiswa ke Universitas Riau sebanyak 3 mahasiswa dan Universitas Islam Riau sebanyak 3 mahasiswa. Khusus pertukaran mahasiswa di ITP2I disambut dengan kegiatan kuliah umum yang diisi Wakil Menteri Pertanian RI, H Ir Harvick Hasnul Qolbi.

Pertukaran mahasiswa merupakan salah satu bentuk kegiatan (BKP) yang nantinya akan dikonversi maksimal 20 SKS bagi mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut, selain pertukaran mahasiswa melalui kegiatan PKKM ada kegitan magang dan riset. Seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan merdeka belajar tersebut memperoleh dana insentif yang diperoleh melalui program PKKM.

Ketua Program Studi Agroteknologi FP UPP, Al Muzafri STP MSi, Senin (10/10/2022) menjelaskan, sebanyak 39 mahasiswa Program studi agroteknologi UPP akan mengikuti berbagai bentuk kegitan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui PKKM 2022, pertukaran mahasiswa, riset dan magang.

“Kegiatan tersebut akan dikonversi maksimal 20 SKS. Melalui kegiatan merdeka belajar dari PKKM tersebut kami harapkan mahasiswa Program Studi Agroteknologi FP UPP mampu meningkatkan kompetensi serta menambah pengalaman, karena kegiatan-kegiatan tersebut di laksanakan di luar UPP,” ungkapnya.

Kuliah umum bersama Wakil Menteri Pertanian RI, H Ir Havick Hasnul Qolbi
Kuliah umum bersama Wakil Menteri Pertanian RI, H Ir Havick Hasnul Qolbi

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UPP, Lufita Nur Alfiah SP MSi mengatakan, saat ini banyak mahasiswa Fakultas Pertanian UPP yang mengikuti kegitan merdeka belajar, baik dari Prodi Agroteknologi dan Prodi Agribisnis, semaksimal mungkin FP UPP sangat mendukung kegiatan merdeka belajar kampus merdeka yang di canangkan oleh Kemendikbudristek.

“Karena akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa FP UPP meningkatkan kompetensi memperoleh banyak pengalaman diluar kampus dan tentu saja pengalaman serta peningkatan kompetensi akan memberikan manfaat bagi mahasiswa FP UPP ketika lulus dan berhadapn dengan Dunia Usaha maupun Dunia Industri (DUDI),” tuturnya.

Ditempat terpisah, Rektor UPP Dr Hardianto MPd kepada Riauposting.id, Senin (10/10/2022) menjelaskan, kampus sangat mendukung kegaiatan merdeka belajar kampus merdeka, tahun ini merupakan tahun ke II UPP telah menyesuaikan kurikulum dengan kegiatan MBKM.

“Ditahun ini ada dua Program Studi UPP yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Studi Agroteknologi penerima Hibah nasional PKKM dari Kemendikbudristek, serta banyaknya mahasiswa UPP yang mengikuti kegiatan MBKM dan lolos kompetisi MBKM Nasional, ini membuktikan bahwa UPP on the track dalam menjalankan MBKM,” papar Hardianto.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru