Minggu, 19 Mei 2024

Pimpinan UPP Ajak Civitas Akademika Kobarkan Semangat Juang Para Leluhur Untuk Memajukan Dunia Pendidikan

PASIRPENGARAIAN – Melalui momentum Hari Kesaktian Pancasila ini mari bersama-sama kita kobarkan, terapkan dan kita tingkatkan semangat juang para leluhur di kehidupan kita sekarang untuk menimba ilmu serta memajukan dunia pendidikan.

Jadikan perjuangan dan pengorbanan para leluhur pejuang sebagai estafet bagi kita untuk lebih meningkatkan semangat dan perjuangan serta memahami nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai pancasila dan nilai-nilai luhur, menjadi salah satu dasar dalam memperkuat dan memperkokoh.

Pernyataan tersebut di sampaikan Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd, didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama, Zulkifli SH MH CLA dan Wakil Rektor Bidang Kepegawaian, Keuangan dan Bisnis, Hidayat SE MM CPHCM kepada Riauposting.com Senin (03/10/2022) petang.

Rektor UPP mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan G30 September yang lebih dikenal sebagai G30S atau G30S/PKI.

“Diketahui pada peristiwa tersebut, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu terafiliasi dengan PKI. Gejolak yang timbul akibat G30S/PKI sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI), sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila,” jelasnya.

Hardianto berharap kepada seluruh civitas akademika dan mahasiswa untuk selalu mengobarkan semangat juang para leluhur. Dengan menjadikan Pancasila seperti darah yang mengalir didalam tubuh dan jiwa kita semua sebagai warga negara indonesia. Khususnya ditengah era globalisasi seperti sekarang ini, tentunya nilai-nilai kebangsaan dan nilai-nilai luhur dan nilai-nilai pancasila perlu selalu di tanamkan.

“Nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai pancasila dan nilai-nilai luhur menjadi salah satu dasar dalam memperkuat dan memperkokoh kita, ditambah lagi adanya rasa persatuan dan kesatuan mulai dari sabang sampai marauke. Kami yakin UPP akan terus maju,” tuturnya.

Orang nomor satu di UPP itu menambahkan, bahwa Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan oleh generasi milenial sebagai momentum untuk lebih meningkatkan rasa saling memiliki, gotong royong, kebersamaan dan lain-lain.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama saling meningkatkan kembali rasa kebersamaan, saling gotong royong, dan rasa saling memiliki. Kami juga berharap generasi muda khususnya yang berada di Negeri Seribu Suluk ini dapat menjadi inisiator akan hal itu,” ungkap Rektor UPP yang juga Ketua Orda ICMI Rohul.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru