Senin, 20 Mei 2024

Tim PKM Dosen Teknik UPP Fasilitasi Perencanaan Rumah Layak Huni di Desa Bangun Purba Timur Jaya

PASIRPENGARAIAN – Setiap tahunnya Pemerintah Desa Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, mendapat kucuran Dana Desa melalui Kementerian Desa yang diperuntukkan untuk pelaksanaan kegiatan didesa.

Ketua Tim PKM UPP, Arifal Hidayat MT didampingi Heri Suripto MT selaku anggota Tim, Rabu (28/09/2022) menjelaskan, dimana 40% dari Dana Desa tersebut digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (seperti Program ketahanan pangan, penanganan Covid-19), dan pembangunan infratruktur desa setempat.

“Tahun 2022 ini anggaran Dana Desa Bangun Purba Timur Jaya sebesar Rp. 1.070.611.000, dari  anggaran tersebut salah satunya digunakan untuk kegiatan infrastruktur desa yaitu Rumah Layak Huni. Penentuan lokasi kegiatan rumah layak huni bagi masyarakat tidak mampu yang berlokasi di Dusun 1, 2 dan dusun 3,” tuturnya.

Arifal menjelaskan, Tujuan dari program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada Senin 26 September 2022 ini adalah untuk memberikan bantuan  berupa memfasilitasi pelaksanaan pembangunan Rumah Layak Huni kegiatan infrastruktur Desa Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, dalam pembuatan desain gambar dan penyusunan Rencana Anggaran Biaya pada penggunaan Dana Desa Tahap tahun 2022.

“Dimana metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Bangun Purba Timur Jaya dilakukan dengan cara (1) Awal kegiatan, konsolidasi awal dengan pihak desa dan BPD (2) Melakukan survei  lapangan untuk melihat kondisi existing rencana lokasi rumah-rumah yang akan mendapat bantuan Rumah Layak Huni dari Dana Desa Tahun Anggaran 2022 sebanyak 3 unit,” paparnya.

“Selanjutnya, yang ke (3) Tahap terakhir adalah membantu pihak pemerintah desa menyiapkan laporan rencana anggaran biaya dan desain gambar Rumah Layak Huni untuk kegiatan infrastruktur di desa,” tambah Arifal.

Sementara itu, Kepala Desa Bangun Purba Timur Jaya Rusli Siregar mengatakan, Pemerintah Desa mengucapkan terimakasih Tim PKM Universitas Pasir Pengaraian yang telah membantu memfasilitasi salah satu kegiatan infrastruktur desa.

“Yakni perencanaan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu didesa kami. Semoga kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin setiap tahun dilaksanakan didesa kami dan desa lainnya,” ungkap sang Kades.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru