Kamis, 23 Mei 2024

Persiapan Tahun Pembelajaran, Prodi Pendidikan Profesi Bidan FIK UPP Gelar Fortadomaka

PASIRPENGARAIAN – Untuk mempersiapkan tahun pembelajaran pada tahun akademik 2022-2023, Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) menggelar Forum Ta’aruf Dosen Mahasiswa dan Karyawan (Fottadomaka).

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Dekan FIK UPP, Rika Herawati SST MKes di Auditorium Universitas Pasir Pengaraian, Rabu (28/09/2022) pukul 08.00 WIB.

Ketua Prodi Pendidikan Profesi Bidan, Nana Aldriana SST MKes kepada Riauposting.id mengatakan, bahwa program profesi ini merupakan bagian integral dari Prodi Pendidikan Profesi Bidan, bersama dengan dengan program Sarjana.

“Jadi, Program profesi akan ditempuh oleh mahasiswa yang telah meyelesaikan program sarjana, dan mahasiswa program sarjana wajib mengikuti program profesi untuk bisa bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan ataupun mendirikan Praktik Mandiri Bidan,” tuturnya.

Nana lebih lanjut menerangkan, bahwa cikal bakal pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Bidan ini adalah adanya prodi D III Kebidanan yang sudah ada sejak tahun 2007 (16 tahun/sudah angkatan ke 16 di 2022 ini).

“Oleh karena perkembangan kemajuan pendidikan dan sesuai UU No. 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan, yang menyatakan bahwa Praktik bidan mandiri hanya diperuntukan bagi bidan berpendidikan profesi, sedangkan Bidan dengan kualifikasi pendidikan diploma hanya dapat menjalankan praktik di fasilitas kesehatan,” terangnya.

Nana juga meambahkan, bahwa pada kelas profesi bidan, selain Fortadomaka juga dilaksanakan sosialisai Visi yang dipaparkan secara langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Profesi bidan dan juga dilakukan pembekalan materi praktik untuk Perkuliahan Semester I yang dibagi menjadi lima stase.

“Adapun lima stase itu diantaranya, Pertama, Stase Keterampilan Dasar Kebidanan oleh Eka Yuli Handayani MKes. Kedua, Stase Remaja dan Perimenopause oleh Yuyun Bewelli Fahmi MKeb. Ketiga, Stase Pranikah dan Prakonsepsi oleh Yuyun Bewelli Fahmi MKeb. Keempat, Stase Holistik Kehamilan oleh Nana Aldriana MKes. Kelima, Stase Holistik Persalinan dan BBL oleh Siti Nurkhasanah MKeb,” paparnya.

Dari lima Stase itu merupakan persiapan praktik klinik kebidanan. Dimana nantinya akan dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa Prosesi Bidan Universitas Pasir Pengaraian yang berjumlah 60 orang.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru