Minggu, 19 Mei 2024

MPDN Lakukan Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Notaris di Rokan Hulu

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap Notaris dalam menjalankan tugas dan jabatan agar tidak menyimpang dari kewenangannya dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), melakukan Pembinaan dan Pengawasan.

Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan terhadap notaris di Rohul itu dilaksanakan di Ballroom Sapadia Rohul Hotel, Senin (26/09/2022) pagi dengan jumlah 30 notaris yang tersebar di Pasir Pengaraian dan Ujung Batu, Kabupaten Rohul. Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan terhadap notaris itu dibuka secara langsung oleh Ketua MPDN Rohul, Zulkifli SH MH CLA.

Hadir pada kegiatan itu, Kasubbid Pelayanan AHU, Dewi Sri Wahyuni SP MH, Anggota Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Riau yang juga selaku Narasumber, Tito Utoyo SH MKn (Notaris Senior Pekanbaru) dan Rahmad Hendra SH MKn (Akademisi FH UR). Kemudian hadir juga Sekretaris Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Rohul, Deski Arianto SH MKn beserta Notaris se Kabupaten Rokan Hulu.

Sedangkan dari MPDN Rohul, tampak hadir Kasi Administrasi, Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas IIB Rohul, Erpis Candra SH, Sekretaris MPDN Rohul, Ariyono SH, Dekan Fakultas Hukum UPP, Rise Karmila SH MHum, Dosen UPP, Dr H Nofrizal Lc MH, Notaris Rohul, Wawan Saputra SH MKn, dan Langgeng Putra SH MKn.

Ketua MPDN Rohul, Zulkifli SH MH CLA mengatakan, bahwa Dia sangat apresiasi kepada segenap pengurus daerah Notaris beserta anggota yang telah berkontribusi besar dalam penyediaan layanan hukum, dan menjaga kepentingan para pihak dalam perbuatan hukumnya.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan persepsi para pihak yang berkepentingan mengenai pembinaan dan pengawasan terhadap notaris serta upaya meningkatan sinergitas antara Majelis Pengawas Notaris dengan Majelis Kehormatan Notaris,” tuturnya.

Zulkifli juga menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini dilaksanakan untuk menyinkronkan pola dan strategi pemeriksaan, meningkatkan kerjasama dengan Instansi Penegak Hukum dan mewujudkan gagasan usulan penyempurnaan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang mengatur tentang pembinaan dan pengawasan terhadap Notaris.

“Melalui kegiatan ini sejatinya kita sama-sama memiliki tujuan dan peran untuk menjaga martabat dan kehormatan Notaris dalam menjalankan profesi jabatannya dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat,” ungkap Dekan Pertama Fakultas Hukum UPP itu.

Zulkifli yang juga Wakil Rektor I UPP itu menambahkan, melalui pembinaan dan pengawasan diharapkan notaris yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, dapat melakukan pelayanan dengan mematuhi segala Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

“Kita harapkan rekan-rekan notaris senantiasa mempedomani Kode Etik dalam menjalankan profesi jabatan, dan terus meningkatkan kompetensi guna menjawab kebutuhan hukum masyarakat pengguna jasa Notaris yang dinamis,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua MPDN Rohul juga memperkenalkan Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris kabupaten Rokan Hulu Periode 2022-2025, dimulai dari Wakil Ketua MPDN Rokan Hulu, Langgeng Putera SH MKn dan seterusnya.

Zulkifli menyampaikan, bahwa jumlah notaris Rokan Hulu saat ini sebanyak 30 orang yang tersebar di Kecamatan di Rokan Hulu, dominasi Pasir Pengaraian dan Ujung Batu.

Dia juga mengharapkan kepada masyarakat pengguna jasa notaris dengan hadirnya MPDN dapat menyampaikan persoalan yang terkait dengan kinerja notaris di kabupaten Rokan Hulu saat ini yang berkantor di Ruang Layanan Umum, Lapas kelas II B Pasir Pengaraian.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kanwilkumham Riau yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini dengan menghadirkan dua Narasumber untuk penyamaan persepsi antara MPDN dan Notaris di Rokan Hulu.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru