Rabu, 24 Juli 2024

Melalui Musda, H Zulyadaini Kembali Terpilih Nakhodai LAMR Rohul

PASIRPENGARAIAN – Melalui Musyawarah Daerah (Musda) V Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H Zulyadaini gelar adat Datuk Saudagar Rajo kembali dipercayai sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Rohul periode 2022-2027.

Musda V LAMR Rohul itu dilaksanakan pada Rabu (21/09/2022) di Balai LAMR Rohul. Dimana sebelum Musda V itu dimulai, pada pembukaan tersebut dihadiri Asisten II Pemkab Rohul, Drs H Ibnu Ulya MSi mewakili Bupati Rohul, Kasat Intel Polres Rohul, Pengurus LAM Riau dan pengurus Lembaga Kerapatan Adat se Kabupaten Rokan Hulu.

Terpilihnya kembali H Zulyadaini sebagai Ketua DPH LAMR Rohul periode 2022-2027 sesuai hasil Rapat Musyawarah Daerah (Musda) V LAMR Rohul secara aklamasi.

Dari hasil Musda tersebut, diputuskan juga sebagai Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Rohul, yakni Dr H Dipendri SPd MM gelar adat Datuk Tumenggung, sesuai Surat Keputusan dengan Nomor: SK-06/MUSDA/LAMR-RH/IX/2022.

Pasca ditetapkan sebagai Ketua DPH LAMR Rohul terpilih, H Zulyadaini mengaku berterimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kembali kepadanya. Dia mengaku jadikan belajar dari pengalaman sebelumnya, jadikan itu pedoman untuk meningkatkan LAMR Rohul lebih baik kedepannya.

“Belajar dari pengalaman sebelumnya, itu akan kita jadikan pedoman untuk meningkatkan LAMR Rohul kedepan, baik itu LKA, Luhak, Kenegerian maupun Pemerintahan akan bersinergi dan bekerjasama dalam memenuhi kepentingan-kepentingan masyarakat adat di Rokan Hulu,” papar Datuk Saudagar Rajo.

H Zulyadaini menambahkan, bahwa sejauh ini ada beberapa kendala yang dihadapi oleh LAMR Rohul, salah satu kurang kondusifnya LAMR Rohul dalam beberapa persoalan yang terjadi ditengah masyarakat Rokan Hulu, serta kurangnya anggaran dari LAMR Rokan Hulu sendiri.

“Oleh karena itu, belajar dari pengalaman sebelumnya, kita akan menyatukan kembali LAMR Rokan Hulu, bak kata pepatah, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul,” tambahnya.

Terkait kurangnya anggaran LAMR Rohul, tokoh adat Luhak Kepenuhan itu juga mengatakan, kedepannya akan memperkuat kerjasama dengan Pemerintah maupun perusahaan melalui CSR dan instansi terkait.

“Dengan terpilihnya kami sebagai Ketua DPH LAMR Rohul, kami berharap kerjasama yang baik dengan seluruh elemen, dan kami mengajak kepada semua untuk dapat memikirkan bersama terkait kondisi adat kita ini, karena tidak ada yang dapat kita harapkan, melainkan dari kita sendiri, karena kita merasa memiliki adat, maka kitalah yang akan menjaganya, dan apabila ada kelemahan-kelemahan kedepan, maka mari kita perbaiki bersama-bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Sidang Musda V LAMR Rohul, Datuk M Tufik Tambusai mengucapkan selamat kepada Ketua DPH maupun MKA LAMR Rohul yang telah terpilih pada hari ini.

“Kami berharap, kedepan LAMR Rohul dapat menjadi sebuah lembaga yang bermarwah, memiliki kinerja yang jelas sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” harap Taufik.

“Selain dari pada itu, dia juga berharap LAMR Rokan Hulu juga dapat melindungi hak-hak dari masyarakat adat itu sendiri,” tambahnya.

Ketika datanya terkait adanya pemberitaan dualisme kepengurusan LAMR Rohul, Taufik menepik hal tersebut, dalam pandangannya LAMR Rokan Hulu adalah satu.

“Kalau hari ini konon ada kerabat kita yang mengadakan Musda LAMR Rokan Hulu, itu di luar dari kita semua, apabila mereka mengklaim bahwa mereka adalah yang sah, ya silahkan saja, karena kami tidak akan menggiring persoalan ini ke dalam sebuah perdebatan yang tidak akan berujung, karena ini dalam ranah adat, tentu kita harus mengedepankan adab dan adat itu sendiri,” ungkap Taufik.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru