Minggu, 19 Mei 2024

UPP Hadirkan Kapolres Rohul di PKKMB Tahun Akademik 2022-2023

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka menyambut Mahasiswa Baru Tahun Akademik (TA) 2022-2023, Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (05/09/2022) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan PKKMB tersebut dilaksanakan selama empat hari, terhitung sejak 05-08 September 2022 dengan mengusung tema “Respon Cepat Perubahan, Bangkit dan Raih Peluang Bersama UPP”.

Pelaksanaan PKKMB dihari pertama itu dilaksanakan secara online dengan menghadirkan pemateri diantaranya, Kapolres Rohul, AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, dengan Materi, “Pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi dan Penyebaran dan paham-paham yang Bertentangan dengan Ideologi”.

Pemateri yang kedua, Dr drh Chaidir MM, materi tentang, “Perguruan Tinggi di era Revolusi Industri 4.0 dan Kehidupan Kampus Masa Pandemi”. Pemateri yang ketiga, Rektor UPP, Dr Hardianto MPd, dengan Materi “Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia”. Dan pemateri yang keempat, Dosen UPP, Sohibun MPd Materi tentang “Teknopreneur sebagai Tagline Universitas Pasir Pengaraian.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd didampingi Ketua Panitia, Dani Kurniawansah MKn kepada Riauposting.id, Senin (05/09/2022) mengatakan, bahwa tujuan dilakukannya PKKMB ini adalah sebagai wahana memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar lebih cepat beradabtasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan.

“Selain itu, untuk mengenal dan memahami lingkungan kampus UPP sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku didalamnya, dan memperkenalkan serta menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di Universitas Pasir Pengaraian secara maksimal,” tutur Hardianto.

Orang nomor satu di UPP itu menambahkan, PKKMB ini juga merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan merupakan kegiatan untuk memperkenalkan serta mempersiapkan mahasiswa baru berproses menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

“Ini salah satu upaya untuk mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilan mahasiswa baru menempuh pendidikannya kelak,” tambahnya.

Terkait menghadiri beberapa Pemateri dalam PKKMB itu, lanjut Rektor UPP, diharapkan mahasiswa baru dapat mengenal, memahami dan menambah wawasan dalam lingkungan kampus. Mulai dari lingkungan akademik dan non akademik.

Sementara itu, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH salah seorang pemateri pada PKKMB UPP itu menjelaskan, bahwa materi yang dipaparkan pada kegiatan tersebut tentang Pencegahan dan Penanggulangan Intoleransi dan Penyebaran dan paham-paham yang Bertentangan dengan Ideologi.

“Dalam pemaparan kita tadi, rekan-rekan mahasiswa UPP sebagai generasi penerus bangsa, harus menyadari bahwa Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam keragaman, yang dapat pecah dengan munculnya intoleransi dan paham-paham yang bertentangan dengan idiologi, seperti radikalisme dan terorisme,” papar Kapolres Rohul.

AKBP Pangucap lebih jauh menambahkan, bahwa salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menghindari terjadinya misinformasi dan disinformasi yang bisa menyesatkan. Kemudian mencegah penyebaran hoax dengan selalu menyaring informasi sebelum mensharing.

“Selain itu kita berharap kepada rekan-rekan mahasiswa saling bekerjasama untuk mencegah tentang paham-paham yang bertentangan dengan idiologi, seperti radikalisme dan terorisme,” harap Kapolres Rohul.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru