Sabtu, 25 Mei 2024

Delapan Tips Promosi Murah Bagi Pelaku UMKM Kuliner dan Dijamin Viral

PASIRPENGARAIAN – Menjadi seorang entrepreneur sukses bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dibidang kuliner tidaklah mudah. Karena untuk mendapatkan kesuksesan bagi pelaku UMKM kuliner diperlukan kerja keras dan kreatif dalam menjalankan usahanya.

Membangun usaha sendiri adalah hal yang sah-sah saja. Namun untuk memulainya perlua persiapan yang matang, termasuk menyiapkan mental hingga modal serta perlu dilakukan usaha lainnya, seperti promosi.

Menurut Dosen Program Studi (Prodi) Kewirausahaan UPP, Tryani Capeg Handmandho SKM MBA kepada Riauposting.id, Senin (05/09/2022) menjelaskan, bahwa ada delapan tips untuk melakukan promosi murah bagi pelaku UMKM kuliner dan tips ini dijamin viral.

Tips Pertama, pelaku UMKM kuliner harus menciptakan produk yang memiliki Wow Factor. Artinya, ciptakan produk yang sedang dibicarakan banyak orang atau yang sedang viral, Produk yang bisa mendorong orang lain untuk membuat konten tanpa disuruh, Produk unik yang tidak dimiliki oleh pesaing, dan Produk yang membuat konsumen berkata wow.

“Tips Kedua, buatlah cerita yang menggugah banyak orang. Misalnya, cerita tentang perjalanan bisnis dari nol, dari susah, dari jualan dipinggir jalan, dan lainnya. Cerita yang memiliki nilai sosial, misalnya pemberdayaan perempuan, petani. Cerita tentang perjuangan kita memulai bisnis. Nah, cerita ini bisa menggugah konsumen untuk membeli dan cerita ini juga bisa dilirik oleh media untuk membuat liputan. Ingat, Cerita harus Jujur dan Original bukan dibuat-buat,” tuturnya.

Adapun tips Ketiga, kata Tya, perlunya Kolaborasi dengan selebgram atau Influencer lokal untuk Endorse. Seperti Influencer yang peduli dengan UMKM dan hubungi mereka kemudian ceritakan tentang bisnis kita serta ajak mereka untuk berkolaborasi membantu promosi, baik itu secara gratis (bagian dari berbagi), Bisa dengan memberikan produk gratis dan Bisa juga dengan membayar sesuai tarif mereka.

“Tips Keempat, Rutin buat Konten. Karena konten adalah kunci penting jaman sekarang, cukup dengan modal handphone dan produk kita, jangan banyak alasan. Kita juga harus banyak belajar cara bikin konten, edit video, edit flayer yang gratisan banyak kok, cari banyak referensi untuk memperkaya wawasan konten, salah satunya dengan banyak liat konten lain di media social seperti tiktok dan lainnya,” jelasnya.

Untuk melakukan tips ini harus dimulai dari niat dan eksekusi rutin setiap hari. Posting konten secara rutin di medsos secara Reels. Para pelaku UMKM kuliner didak perlu banyak follower tapi ada peluang untuk viral dan zaman sekarang bisnis kuncinya adalah konten untuk viral butuh proses, tidak instan, percaya dengan proses dan konsistensi.

“Untuk Tips Kelima, kita harus aktif dalam Komunitas ataupun organisasi, perbanyak mengikuti komunitas dan organisasi untuk menambah wawasan dan relasi, tujuannya adalah untuk memajukan dan mendukung usaha kita agar semakin dikenal. Kita juga perlu cari komunitas yang sesuai dengan market kita, ingat tujuan kita ujung-ujungnya berjualan, bukan berorganisasi,” tegasnya.

Dosen Prodi Kewirausahaan UPP itu menambahkan, adapun Tips Keenam adalah ajak Brand lain untuk berkolaborasi. Tentunya pelaku UMKM kuliner perlu cari brand yang punya target market yang sama, brand yang lebih besar dan brand UMKM, karena mereka lebih potensial, tentunya mereka sudah punya banyak costumer.

“Tips yang Ketujuh, kita juga perlu aktif diberbagai kegiatan, ikut lomba dari berbagai pihak, aktif mengikuti pameran, aktif dalam pelatihan dari pemerintah, dan lainnya. Tetapi ingat, tujuan kita aktif mengikuti berbagai kegiatan itu adalah untuk branding dan jualan,” paparnya.

Owner Hore Steak itu mengatakan, bahwa Tips Kedelapan adalah promosi Door to Door. Dimana tips ini kita diharuskan sering-sering jualan diberbagai kesempatan. “Ingat jangan malu, karena kita jualan dan usaha, bukan lagi nipu,” ungkapnya.

“Kita jangan mudah down dengan penolakan, tetap semangat. Ingat tidak akan ada usaha yang sia-sia, jangan lupakan bahwa kesempatan hanya datang kepada orang yang siap. Percaya dengan proses dan terus belajar. Karena Sukses itu Proses bukan Kebetulan. Salam UMKM,” terang Tya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru