Minggu, 19 Mei 2024

Demi Kemudahan Mengajar, Mahasiswa Kukerta UNRI Aplikasikan Penggunaan Geogebra di SDN 001 Teluk Makmur

DUMAI – Untuk membantu memudahkan proses mengajar bagi tenaga kependidikan kepada peserta didik, mahasiswa Universitas Riau (UNRI) melalui program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) melakukan workshop di SDN 001 Teluk Makmur Kota Dumai, Provinsi Riau.

Workshop tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni pada Kamis dan Jumat (28-29 Juli 2022) yang dimuali setiap harinya pukul 08.30 WIB di dua ruang kelas siswa SDN 001 Teluk Makmur.

Ketua Kukerta UNRI, Miftahul Haqie Al Firdaus kepada Riauposting.id, Ahad (04/09/2022) melalui selulernya menjelaskan, kegiatan itu dilakukan mengingat saat ini Indonesia telah memasuki era digitalisasi. Artinya hampir segala aktivitas sehari-hari manusia tidak lepas dari teknologi. Apa lagi semenjak dilanda pandemi Covid-19, para siswa dan guru telah merasakan sesuatu yang baru yakni belajar melalui media online.

“Untuk itulah kami melakukan workshop tentang cara menggunakan Geogebra kepada guru untuk memudahkan guru melaksanakan proses belajar mengajar kepada siswanya,” tutur Haqie.

Lanjutnya, dimana pada umumnya para guru telah dikenalkan beberapa software pendukung kegiatan belajar mangajar diantaranya Whatshap group, Google Classroom, Google Meet, dan Zoom. Keempat software tersebut adalah yang paling sering digunakan dalam proses belajar daring ini.

“Sehingga ada beberapa software tersembunyi yang belum diketahui oleh guru dan siswa  yang keberadaannya mampu memberikan solusi sesuai dengan masalah yang dihadapi. Mengangkat dari tema literasi, dimana tema tersebut berhubungan dengan bentuk pengayaan nyata dalam bidang pendidikan,” jelasnya.

Haqie lebih jauh menerangkan, oleh karena itu, mahasiswa Kukerta UNRI telah mempersiapkan sebuah program kerja berwujud pemberian pelatihan atau workshop.  Pelatihan tersebut dibuat untuk memberikan ilmu baru dan sebagai bentuk pengenalan sebuah aplikasi kepada para guru yang dikenal dengan sebutan aplikasi Geogebra.

“Menyinggung soal Geogebra, aplikasi ini mampu memberikan solusi permasalahan matematika dan membantu para guru dan siswa dalam mengerjakan tugas. Selain tujuan tersebut, aplikasi Geogebra juga dijadikan sebagai media pembelajaran yang mudah, menyenangkan serta menarik bagi guru dan siswa,” paparnya.

Mengenai soal teknisi pelaksanaan workshop, tambah Haqie, para peserta membuat akun dan melakukan aktivasi akun dengan dipandu para mahasiswa Kukerta UNRI. “Kendala kami adalah jaringan, namun tidak mematahkan semangat kami dalam upaya membantu para guru untuk mengaktivasi akunnya,” kata Haqie yang didampingi mahasiswi UNRI lainnya.

Kemudian tambah Haqie, setelah tahap itu, narasumber memberikan pengenalan awal seputar konsep merdeka belajar bagi tingkat SD. Setelah memahami konsep tersebut, para peserta workshop diminta untuk membuat rancangan modul ajar matematika menggunakan geogebra bedasarkan tingkat kelas masing-masing guru.

“Sampai tahap akhir, simulasi praktik mengajar matematika menggunakan geogebra. Diesok harinya, para guru akan mempraktikkan ilmu yang baru mereka dapat kepada siswanya, sehingga para siswa dapat menerima juga ilmu baru dan mengajarkan mereka pengunaan teknologi berbasis edukasi,” papar Haqie.

Sementara itu, Zetra Hainul Putra PhD selaku Pemateri memaparkan, bahwa Geogebra dilengkapi dengan item-item seperti gambar, warna, tulisan yang mencuri perhatian pembacanya. Sehingga mereka tertarik untuk mempelajari dari aplikasi tersebut.

“Ada kelebihan pasti ada kekurangan, dan itu menjadi tantangan bagi pengguna aplikasi Geogebra dimana teks yang dominan muncul ialah bahasa asing sehingga membingungkan pengguna dalam memahami makna dari bahasa tersebut. Selain itu, ada beberapa materi yang dicari tidak tersedia di aplikasi tersebut,” ujar Zetra yang juga selaku Dosen Pembimbing Mahasiswa Kukerta UNRI.

Ditempat yang sama, Kepala SDN 001 Teluk Makmur, Juni Maryati SAg sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada rekan-rekan dari mahasiswa Kukerta UNRI yang telah mempersiapkan kegiatan ini sehingga bias terlaksana dengan baik.

“Pelatihan ini sangat luar biasa manfaatnya bagi sekolah, khususnya para guru. Banyak ilmu baru yang dapat kami serap dari adanya pelatihan ini. Oleh karena itu, kami berharap kepada mahasiswa Kukerta UNRI, kedepannya terus memberikan kontribusi dalam bentuk program kerja berbasis edukasi. Semoga sukses dan terus belajar supaya ilmu dan pengetahuannya bertambah sehingga dapat berbagi satu sama lain,” harapnya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru