Kamis, 23 Mei 2024

Dilantik Kanwil Kemenkumham Riau, Akademisi UPP Terpilih Sebagai Ketua MPDN Rokan Hulu

PASIRPENGARAIAN – Salah satu akademisi Universitas Pasir Pengaraian (UPP) terpilih sebagai Ketua Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Kabupaten Rokan Hulu, periode 2022-2025.

Hal itu dibuktikan telah dilakukannya Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd Jahari Sitepu di Ruang serbaguna Ismail Saleh, Senin (29/08/2022) kemarin.

Adapun salah satu akademisi UPP yang terpilih sebagai Ketua MPDN Rohul periode 2022-2025 yaitu, Zulkifli SH MH CLA yang merupakan Wakil Rektor I UPP Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Hadir pada kegiatan tersebut, para Kepala Divisi, pejabat struktural, JFT dan JFU pada Kanwil Kemenkumham Riau, Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian yang turut menyaksikan pengambilan sumpah dan pelantikan anggota Majelis Pengawas Notaris pada Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Sengingi, Kota Dumai dan Kabupaten Indragiri Hilir Periode 2022 sampai dengan 2025 tersebut.

Kakanwil Kemenkumham Riau, Mhd Jahari Sitepu mengingatkan para majelis pengawas notaris yang dilantik agar selaku lembaga independen selalu bersikap netral dan tidak berpihak.

“Meski terdiri dari 3 (tiga) unsur, yaitu pemerintah, akademisi dan notaris, tidak ada dominasi oleh satu untuk kepada unsur lain dalam kepentingan pemeriksaan terhadap notaris, sehingga tidak ada keberpihakan,” tuturnya melalui wesite resmi Kanwil Kemenkumham Riau di riau.kemenkumham.go.id.

Lebih lanjut, Mhd Jahari Sitepu juga berharap kepada pengurus MPDN yang baru saja dilantik, agar dalam pengawasan terhadap pelaksanaan jabatan dan perilaku notaris, para Majelis Pengawas Daerah Notaris di kabupaten masing-masing akan jauh lebih baik dan lebih efektif.

“Fungsi pengawasan dan pembinaan terhadap notaris bertujuan untuk mewujudkan prinsip hukum yang menjamin terpenuhinya ketertiban, kepastian dan perlindungan hukum yang berintikan keadilan dan kebenaran sebagaimana diharapkan oleh masyarakat yang menggunakan jasa notaris. Laksanakan amanah ini dengan baik dan profesional,” harap Jahari.

Sementara itu, Ketua MPDN Rokan Hulu, Zulkifli SH MH CLA saat dikonformasi, Selasa (30/08/2022) kepada Riauposting.id mengatakan, bahwa dirinya bersama rekan-rekan MPDN Rohul yang lain tetap menjaga amanah dan selalu bersikap netral serta tidak akan berpihak kepada siapapun.

“Kami terlebih dahulu mengucapkan terimakasih atas amanah yang telah diberikan ini. Apa yang menjadi tanggungjawab kami tentunya tetap dijalankan sesuai aturan yang berlaku dan tetap menjadi lembaga independen yang selalu bersikap netral dan tidak berpihak kemanapun,” tutur Zulkifli.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UPP itu menambahkan, pengurus MPDN Rohul akan terus melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap notaris demi mewujudkan prinsip hukum yang menjamin terpenuhinya ketertiban, kepastian dan perlindungan hukum yang berintikan keadilan dan kebenaran sebagaimana diharapkan oleh masyarakat yang menggunakan jasa notaris.

“Sebagai pengurus MPDN Rohul tentunya kami akan terus melaukan pengawasan dan melakukan pembinaan kepada notaris yang ada di Kabupaten Rokan Hulu demi terwujudnya serta menjamin ketertiban, kepastian dan perlindungan hukum yang berkeadilan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat,” ungkap Zulkifli.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru