Minggu, 19 Mei 2024

Prospek Lulusan Sarjana Ekonomi yang Sangat Menjanjikan

PASIRPENGARAIAN – Fakultas Ekonomi adalah salah satu fakultas yang paling banyak peminat. Pasalnya, para sarjana ekonomi selalu dipercaya memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Meskipun sering identik dengan bekerja di sektor perbankan, ternyata banyak sekali, pekerjaan untuk lulusan sarjana ekonomi di luar sana.

Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd melalui Wakil Rektor II UPP Bidang Kepegawaian, Keuangan dan Bisnis, Hidayat SE MM CPHCM, kepada Riauposting.id, Senin (29/08/2022) menjelaskan, bahwa untuk lulusan Sarjana Ekonomi sangat banyak prospek kerja yang menjanjikan di luar sana. Adapun diantaranya, Investor Relation Assosiate.

“Investor Relation Assosiate bertugas untuk melakukan pendekatan dan pengenalan dengan calon penanam modal/saham di perusahaan tempatnya bekerja. Sebagai investor relation associate, tugasnya adalah memberikan info tentang perusahaan dari sudut pandang ekonomi. Untuk yang mementingkan kesesuaian karier dengan keilmuan, jurusan ini sangat cocok untuk dijadikan cita-cita,” tuturnya.

Kemudian, Perpajakan. Dimana hampir di semua sektor bisnis dan usaha akan berhubungan dengan perpajakan, dengan gelar sarjana ekonomi, mahasiswa bisa mencoba untuk melamar kerja di kantor pajak. Pekerjaan ini sangat cocok yang ingin mempelajari hal baru.

“Latar belakang sarjana ekonomi sangat berhubungan dengan profesi satu ini. Namun, karena birokrasi selalu mengalami penyesuaian, ilmu perpajakan juga harus banyak dipelajari,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Hidayat, prospek kerja bagi lulusan Sarjana Eonomi selanjutnya yaitu sebagai Konsultan ekonomi. Konsultan ekonomi juga menjadi salah satu prospek karier sarjana ekonomi yang populer. Untuk menjadi seorang konsultan ekonomi, harus menggunakan kemampuan analitikal serta riset dalam melakukan penelitian tentang ekonomi.

“Sebagai konsultan ekonomi, akan bertugas menganalisis tren industri dan memberikan rekomendasi atau solusi untuk meningkatkan performa suatu perusahaan,” paparnya.

Tidak hanya itu saja, tambah Hidayat, prospek yang selanjutnya yaitu sebagai Konsultan Manajemen. Dimana sarjana ekonomi memiliki latar belakang pengetahuan terkait finansial dan juga model kuantitatif dari sebuah analisis. Biasanya posisi konsultan manajemen ini akan dimulai dengan research analyst maupun junior consultant.

“Posisi ini bisa menjadi posisi awal untuk belajar lebih banyak sebelum akhirnya menjadi konsultan manajemen. Konsultan manajemen bertugas untuk menganalisis permasalahan pada bisnis dan mencari kemungkinan solusi yang bisa digunakan,” jelasnya.

Menurut WR II UPP, selain itu masih banyak prospek kerja bagi lulusan Sarjana Ekonomi. Meski demikian, sebanyak apapun prospek kerja bagi lulusan sarjana ekonomi diluar sana jika mahasiswa tidak memanfaatkan waktunya dibangku perkuliahan untuk belajar sengan sungguh-sungguh namun semua hal itu sulit dicapai.

“Harapan kita kepada mahasiswa/i selama berada di perkuliahan ini, untuk memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada demi mengembangkan potensi diri dan soft skill dibidang yang telah diminati dari awal. Sehingga nanti bisa memberikan kontribusi pada masyarakat dikemudian hari,” ungkap Hidayat.

Maka untuk itu, dihimbau kepada seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, mari ikuti perkuliahan dengan serius dan sungguh-sungguh agar cita-citanya segera terwujud.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru