Minggu, 19 Mei 2024

Inilah Penyebab UPP Masuk Kategori Universitas Top 10 di Riau

PASIRPENGARAIAN – Meski kampus Universitas Pasir Pengaraian (UPP) berada di daerah, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kampus kebanggaan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu itu juga termasuk dalam kategori Universitas Top 10 di Provinsi Riau.

Dimana pada tahun lalu berdasarkan data 4ICU UniRank menyatakan bahwa UPP termasuk Universitas Top 10 di Riau. Ini merupakan suata kebanggan bagi masyarakat Rokan Hulu khususnya.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd kepada Riauposting.id, Rabu (24/08/2022) mengatakan, bahwa dasar UPP termasuk dalam kategori Universitas Top 10 di Riau melalui data 4ICU UniRank diantaranya, Pertama, universitasnya harus terakreditasi oleh badan pendidikan nasional, seperti Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT), dan sejenisnya (Indonesia).

“Kedua, universitas yang ada setidaknya harus mempunyai program sarjana empat tahun atau S1, pasca sarjana baik untuk tingkat magister S2 dan tingkat doktoral S3,” tuturnya.

Ketiga, lanjut Hardianto, universitas dinilai dari sistem pendidikan, seperti format pendidikan tatap muka antar dosen dan mahasiswanya. Ia mengakui, itulah penyebab UPP termasuk kategori Universitas Top 10 di Provinsi Riau.

“Dengan peringkat yang diraih oleh UPP ini, tentunya tidak ada alasan ataupun keraguan bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Pasir Pengaraian ini,” jelasnya.

Selain itu, tambah Rektor UPP, selama setahun terakhir UPP berhasil meraih beberap prestasi. Diantaranya, Lima dosen UPP berhasil lulus sebagai asesor BKD tingkat nasional. Jumlah ini sangat menggembirakan disaat terbatasnya jumlah asesor yang ada di LLDikti wilayah X.

“Tidak hanya itu, pada tahun ini mahasiswa UPP berhasil juara pada lomba orasi nasional se-Riau. Kemudian Juara II lomba video hidup hidup sehat dan juara I lomba video inovasi pembelajaran di Universitas PGRI Sumbar,” paparnya.

Hardianto menambahkan, mahasiswa UPP juga memperoleh juara pada lomba media pembelajaran SD Jawa Tengah dan juara II lomba videografi Hari Anti Narkoba Internasional yang di taja BNN Provinsi Riau.

“Mahasiswa Kebidanan UPP meraih juara pada lomba menyanyi solo yang ditaja Politeknik Kesehatan Bali. Dua mahasiswa kebidanan UPP juga meraih juara III Lomba Syarhil Quran MTQ nasional online yang ditaja stikes Hang Tuah Pekanbaru,” tambahnya.

Lebih lanjut Rektor UPP menjelaskan, mahasiswa UPP mewakili Riau lulus secara nasional program peningkatan capacity building dari pertamina. Mahasiswa Fakultas Hukum juga meraih Juara I pencak silat se Kabupaten Rokan Hulu menuju Porprov Riau.

“Prestasi yang tak kalah membanggakan, pada Januari 2022 diumumkan Tax Centre UPP menjadi Tax Centre terbaik se Provinsi Riau. Pada Mei, JDIH UPP dinobatkan sebagai JDIH nomor 2 terbaik JDIH perguruan tinggi se Riau. Dengan rasa syukur yang sangat dalam tahun 2022 ini UPP berhasil dalam ISK akreditasi institusi. Peringkat akreditasi institusi UPP saat ini adalah baik,” ujar Hardianto.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru