Senin, 20 Mei 2024

Upacara HUT RI ke-77, Rektor UPP Tegaskan Persatuan Mewujudkan Kita Bangkit Lebih Kuat

PASIRPENGARAIAN – Pelaksanaan upacara Detik-detik Proklamasi Peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77 tingkat Universitas Pasir Pengaraian (UPP), tidak hanya sebagai kegiatan seremonial yang diperingati setiap tahunnya.

Tetapi, momentum hari bersejarah ini, dapat dijadikan semangat para pejuang kemerdekaan terdahulu merebut kemerdekaan, menjadi contoh tauladan bagi kita untuk membangkitkan kembali nilai-nilai para pejuang kemerdekaan itu dalam mengisi pembangunan disegala sektor khususnya di UPP.

Pernyataan itu disampaikan Rektor UPP, Dr Hardianto MPd kepada Riauposting.id, Rabu (17/08/2022) pukul 09.00 WIB, usai menjadi Pembina Upacara Detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke 77 yang dipusatkan di Lapangan Merdekan UPP.

“Kita mengucapkan selamat HUT Kemerdekaan RI ke 77. Tentunya seluruh mahasiswa dan keluarga besar civitas akademika UPP dapat mengingat jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan Republik Indonesia, dan membalas jasa pahlawan itu dengan mengisi nilai-nilai kemerdekan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Hardianto mengatakan, proklamasi adalah terbebasnya bangsa ini dari belenggu penjajahan menuju masyarakat adil dan makmur. Pada hari ini, kita berdiri disini bagaimana untuk mewujudkan dan menciptakan masyarakat adil dan makmur sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita didalam lembaga pendidikan tinggi yaitu melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

“Momen peringatan 17 Agustus tahun 2022 ini kita laksanakan sesuai dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat artinya, bangsa kita mengalami dilanda pendemi Covid-19, beberapa upaya telah dilakukan untuk mengatasi wabah pandemi itu mulai dari menjaga jarak, mencuci tangan sampai melakukan vaksinasi dosis I, II dan III. Oleh karena itu kita berharap dan berdoa kepada tuhan yang maha kuasa bahwa wabah pandemi Covid-19 lenyap dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.

Lanjutnya, Bangkit Lebih Kuat diartikan bahwa bangsa yang kuat terbukti bukan bangsa yang lemah, karena sekitar tiga setengah abat Indonesia dijajah oleh bangsa asing, tetapi Indonesia mampu merebut kemerdekaan dari penjajahan tersebut.

“Oleh karena itu setelah kita merdeka banyak terjadi pemberontakan tetapi indonesia mampu bangkit lebih kuat dan harapan kita kekuatan itu akan menjadi sumber kita untuk terus bangkit dan maju, tentunya kita mulai di tahun 2022 ini dan seterusnya kita tetap menjadi lebih kuat lagi,” tegasnya.

Rektor UPP menegaskan, bahwa untuk membuat keluarga civitas akademika UPP ini menjadi lebih kuat itu tentunya yang dibutuhkan adalah persatuan dan kesatuan seluruh stakeholder yang ada dilingkungan Universitas Pasir Pengaraian ini.

“Kita di Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), indonesia umumnya, sangat membutuhkan persatuan dan kesatuan ini, bagaimana kita saling mengingatkan, menasehati sehingga kita mampu mencapai tujuan kita yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur,” paparnya.

Diketahui petugas dalam pelaksanaan upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 sebagai pembina upacara, Rektor UPP, Dr Hardianto MPd, Pembacaan Teks UUD 1945 Ka Prodi Kewirausahaan UPP, Nofriser SSos MM, Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan RI, Sekretaris LP2M UPP, Ahmad Fathoni MT, dan Pemimpin Doa, Kepala Perpustakaan UPP, Dr H Nofrizal.

Hadir pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di lingkungan Universitas Pasir Pengaraian, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Zulkifli SH MH CLA, Wakil Rektor II Bidang Kepegawaian, Keuangan dan Bisnis, Hidayat SE MM CPHCM, para Dekan Fakultas, Ka Prodi, Dosen dan karyawan di lingkungan UPP serta Mahasiswa Baru UPP.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru