Senin, 20 Mei 2024

Sambut HUT RI ke 77, Mahasiswa Kukerta UNRI Tanam Pohon dan Pasang Plang Nama Embung

ROKANHULU – Dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 77 tahun 2022, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) Pekanbaru, Provinsi Riau melakukan penanaman pohon dan pemasangan Plang Nama Embung.

Penanaman pohon dan Plang Nama Embung tersebut dilakukan Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Jumat (05/08/2022) bekerjasama dengan Pemerintah desa serta pemuda setempat.

Ketua Kelompok Mahasiswa Kukerta UNRI, Danda Heriyan kepada Riauposting.id Ahad (07/08/2022) menjelaskan, HUT RI yang ke 77 tahun 2022 ini tinggal sebentar lagi. Setiap daerah tentu mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut perayaan besar tersebut, begitu pula warga Desa Koto Tinggi. Bertepatan dengan akan diadakannya perayaan HUT RI ke 77 pada 17 Agustus maka pemuda Desa Koto Tinggi membuat kolam pemancingan yang diberi nama Embung Sahabat Alam untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus.

“Dalam rangka memberikan kontribusi sebagai mahasiswa Kukerta di Desa Koto Tinggi, kami mahasiswa Kukerta balek kampung UNRI membuat plang nama Embung sebanyak 3 buah. Plang ini nantinya akan berguna sebagai petunjuk jalan menuju Embung, karena embung tersebut merupakan wisata kolam pemancingan yang baru sehingga banyak yang belum mengetahui letak atau posisi embung tersebut,” tuturnya.

Dia menambahkan, pembuatan plang nama ini dimulai pada Jumat 05 Agustus 2022 dengan pembuatan plang nama yang dilakukan selama 3 hari oleh jasa pembuatan plang nama. Pada Ahad 07 Agustus 2022 dilakukan pemasangan plang nama Embung Sahabat Alam dengan melibatkan mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI 2022 dan pemuda Desa Koto Tinggi.

“Sebelum pembuatan plang nama Embung Sahabat Alam kami juga melakukan upaya penghijauan disekitar Embung. Mahasiswa Kukerta UNRI bersama Ketua PKK Desa Koto Tinggi melakukan pencarian bibit ke Desa Sialang Jaya. Bibit yang kami pilih yaitu bibit Cempedak Hutan, Matoa dan Jeruk. Kemudian mahasiswa Kukerta UNRI dan pemuda Desa Koto Tinggi melakukan penanaman bibit tersebut disekitar Embung Sahabat Alam,” papar mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fisip UNRI itu.

Lebih lanjut Danda menyampaikan, program penghijauan dengan penanaman bibit ini dilakukan atas arahan Kepala Desa Koto Tinggi, Asmi Jumairi. Dari awal pelaksanaan Kukerta di Desa Koto Tinggi mahasiswa telah diberi program kerja tambahan dari desa yaitu program penghijauan dengan penanaman bibit pohon.

Diketahui, pada pelaksanaan Kukerta Balek Kampung Gelombang 3 UNRI Desa Koto Tinggi 2022, Tim KKN ini terdiri dari Ketua Kelompok KKN, Danda Heriyan (Ilmu Komunikasi, FISIP 2020), Mella Alvionita (Manajemen, FEB 2020) Wakil Ketua, Qurrota Akyuni Azzahra (PGSD, FKIP 2020), Sekretaris I, Era Fadila (Ilmu Komunikasi, FISIP 2020), Sekretaris II, Sella Audia Putri (Fisika, FMIPA 2020), Bendahara, Ummi Aiman (Fisika, FMIPA 2020).

Koordinator Lapangan, Fatma Ira Auliawati (Kimia, FMIPA 2020), Media Kreatif, Tania Arum Nurdiana (Fisika, FMIPA 2020), Koordinator Perlengkapan dan Amo, Milini (Fisika, FMIPA 2018), Hubungan Masyarakat. Sedangkan sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr Ing Ramondia Nanda Setiadi MSi.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru