Sabtu, 25 Mei 2024

Wabup Rohul Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Hutan

PASIRPENGARAIAN – Wakil Bupati(Wabup) Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan lakukan Kunjungan Kerja ke Desa Pemandang Kecamatan Rokan IV Koto dalam rangka Reboisasi dikawasan lembaga pengendalian hutan desa (LPHD) Desa Pemandang, Kecamatan Rokan IV Koto, Rabu (20/7/2022).

Adapun penanaman yang akan dilakukan di kawasan LPHD Desa Pemandang ini berupa Penanaman Pinang Batara dan Durian yang juga penanaman awalnya dilakukan oleh Wakil Bupati Rohul H.Indra Gunawan didampingi Kepala Dinas Arsip Rohul M.Ruslan, PLT Kepala Dinas Pertanian Rohul Fisman Hendri, Camat Rokan IV Koto Farid Toha, Kapolsek Rokan dan Danramil Rokan, Kepala Desa Pemandang serta Ketua LPHD dan pengurus LPHD diikuti oleh masyarakat Desa Pemandang.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan sangat mengapresiasi adanya LPHD di Desa Pemandang, sebab hutan sangat berfungsi dan berperan sebagai penyangga kehidupan serta juga sebagai sumber energi penghasil oksigen.

“Namun saat ini kita menghadapi sebuah kenyataan bahwa lingkungan hidup telah terganggu dimana pencemaran udara mengakibatkan langit di atas kita kurang cerah karena penuh dengan gas polusi. sementara itu, lahan di sekitar kita sering terlihat gersang, dan hutan banyak yang rusak. akibatnya, pada musim hujan kita mengalami bencana banjir. sebaliknya, pada musim kemarau kita mengalami kekeringan. ini merupakan pertanda bahwa kondisi hutan dan lingkungan kita mulai rusak. sehingga tidak berfungsi secara optimal,” jelas Wabup yang akrab disapa Ujang Lurah ini.

Orang No 2 di Rohul ini mengajak seluruh masyarakat agar kondisi seperti itu harus dihentikan. Karena berguna untuk masa depan bumi ini, untuk masa depan generasi muda, karena yang ada di miliki ini tidak boleh hanya dianggap sebagai warisan nenek moyang, akan tetapi adalah sesuatu yang di pinjam, milik generasi yang akan datang.

“Kita harus segera merehabilitasi kawasan hutan dan lahan yang rusak, kemudian mengkonservasi hutan yang masih baik dan melaksanakan reboisasi pada hutan yang mulai gundul,” ajaknya.

Pada kesempatan tersebut, atas nama Pemerintah Rokan Hulu Wabup mengajak semua pihak untuk bersungguh-sungguh menghentikan penyebab kerusakan hutan akibat penebangan liar, dan kebakaran hutan.

“Sekali lagi saya berharap kepada semua pihak, agar segera berusaha memperbaiki kerusakan hutan dan lingkungan yang telah rusak salah satu nya dengan kegiatan yang kita gelar pada hari ini yakni dengan reboisasi hutan hutan desa,” tambahnya.

Wabup juga menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat agar berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan hutan dan lingkungan alam yang baik dan lestari. Terkhusus kepada para tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat hendaknya memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan, hutan, dan alam di sekitar. membangun kebiasaan menanam seharusnya menjadi kebutuhan secara berkelanjutan.

Usai dengan sambutannya, Wabup Indra Gunawan langsung melakukan Peninjauan dan melakukan penanaman di lokasi LPHD Pemandang didampingi Kapolsek Rokan bersama pengurus LPHD serta masyarakat Desa Pemandang.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru