Minggu, 19 Mei 2024

Dispussip Rohul Terima Kunjungan SMA Muhammadiyah Rambah

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka melayani pembinaan dan pengembangan budaya serta minat baca Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (19/07/2022) menerima kunjungan dari SMA Muhammadiyah Rambah.

Kedatangan rombongan SMA Muhammadiyah Rambah disambut hangat oleh Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul, Sumardi SS MSi mewakili Kepala Dispussip Rohul, didampingi Kabid Layanan Perpustakaan Dispussip Rohul, Emrinal SE, Pejabat Fungsional Pustakawan Muda serta Staf Dispussip Rohul. Dimana rombongan dari SMA Muhammadiyah Rambah itu di pimpin langsung oleh Kepala SMA Muhammadiyah Rambah, Hasyim SPd didampingi enam majelis guru serta 40 siswa SMA Muhammadiyah Rambah.

Kepala Dispussip Rohul, H Ir Ruslan MSi melalui Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul, Sumardi SS MSi didampingi Kabid Layanan Perpustakaan Dispussip Rohul, Emrinal SE kepada Riauposting.id mengatakan, bahwa dalam kunjungan tersebut rombongan SMA Muhammadiyah Rambah untuk mengenali apa itu perpustakaan daerah H Mahidin Said.

“Kita tahu H Mahidin Said merupakan tokoh pendidikan Riau yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu, di samping itu juga mereka sudah melaksanakan tugas yang diberikan oleh majelis guru terutama wali kelas yang datang berupa pencarian buku-buku yang ada di rak buku,” papar Sumardi.

Kemudian, lanjutnya, di samping mengenali perpustakaan daerah ini, melalui bidang layanan perpustakaan akan melaksanakan peragaan berupa pelatihan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yaitu pembuat praktek buket.

“Melalui kunjungan ini kita berharap kepada siswa SMA Muhammadiyah Rambah dapat meningkatkan minat dan budaya baca serta cinta akan ke perpustakaan. Selain itu siswa juga tahu fungsi dan perannya. Adapun peran perpustakaan daerah untuk meningkatkan budaya dan minat baca di Kabupaten Rokan Hulu,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Sumardi menerangkan, bahwa sejak berdirinya perpustakaan H Mahidin Said pada tahun 2009 dan berdasarkan Perda nomor 16 tahun 2016 tentang susunan organisasi tugas pokok pada Dispussip Rokan Hulu, dimana berdasarkan undang-undang 43 tahun 2007 berfungsi untuk melayani pembinaan dan pengembangan budaya dan minat baca di Kabupaten Rokan Hulu.

“Saat ini Dispussip Rohul memiliki buku sebanyak lebih kurang 9600 judul dengan jumlah eksemplarnya lebih kurang 42.000 eksemplar dan setiap peserta ini berhak untuk menjadi anggota serta dapat meminjam buku-buku yang ada di Dispussip Rohul,” tuturnya.

Sumardi berharap kepada peserta atau mahasiswa dan juga majelis guru ini bisa menjadi anggota perpustakaan dengan membuat kartu anggota perpustakaan dan bisa meminjam satu buku, sampai tiga buku per satu orang dalam seminggu asalkan telah menjadi anggota perpustakaan.

“Disamping itu juga, kita melayani juga layanan sistem digital berupa irohul. Dimana irohul ini, mereka tidak perlu datang ke perpustakaan, cukup mereka membuka website tentang irohul, disana sudah bisa dibuka sebanyak 1000 judul untuk bisa dibaca dengan syarat bisa menjadi anggota perpustakaan,” jelas Sumardi.

Lanjutnya, terkait semua layanan yang ada di perpustakaan Dispussip Rohul semuanya gratis tanpa ada di pungut biaya apa pun. Kami mengharapkan kehadiran ini bukan aja untuk perdana tapi untuk dapat dilaksanakan atau di agendakan setiap bulannya.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru