Kamis, 23 Mei 2024

Dispussip Rohul Adakan Pelatihan Magang Bagi Pengelola Perpustakaan Desa se Rohul

PASIRPENGARAIAN – Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pendayagunaan bagi pengelola atau petugas perpustakaan desa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pengelolaan perpustakaan desa, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar pelatihan magang bagi pengelola perpustakaan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis, 6-7 Juli 2022 di Ruang Aula Rapat Dinas Perpustakaan dan Arsip Rokan Hulu. Jalan Syekh Ibrahim No. 42 Babussalam, Pasir Pengaraian.

Kapala Dispussip Rohul, Ir H M Ruslan MSi mengatakan, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara yang mana perpustakaan itu sebagai wahana belajar sepanjang hayat dalam pengembangan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dengan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan Nasional.

“Kita tahu bahwa perpustakaan itu berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar mengajar pusat informasi tempat penelitian pusat membaca yang berguna untuk menambah ilmu pengetahuan dan tempat rekreasi yang perlu secara terus-menerus dibina dan dikembangkan di perpustakaan Desa serta di perpustakaan-perpustakaan lainnya yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,” tuturnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, kata Ruslan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rokan Hulu sesuai dengan tupoksinya menyelenggarakan kegiatan berupa pelatihan atau magang bagi pengelola atau petugas perpustakaan Desa secara mandiri.

“Saya berharap kepada para peserta untuk dapat mengikuti dengan baik dari awal hingga akhir sehingga selepasnya dari pelatihan atau megang ini diharapkan peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat di tempat tugas masing-masing nantinya,” harap Ruslan.

Sementara itu, Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Dispussip Rohul, Sumardi SS MSi dalam laporannya memaparkan, bahwa kegiatan ini dilakukan berdasar UU no. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, kemudian Perda Kabupaten Hulu nomor 5 tahun 2016 tentang organisasi lembaga teknis daerah dinas perpustakaan dan arsip kabupaten Rokan Hulu dan peraturan Bupati Rokan Hulu nomor 73 tahun 2021 tentang kedudukan susunan organisasi tugas pokok dan fungsi serta kerja dinas perpustakaan Hulu.

“Adapun maksud dan tujuannya yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pendayagunaan bagi pengelola atau petugas perpustakaan desa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pengelolaan perpustakaan desa,” paparnya.

Lanjut Sumardi, jumlah peserta yang mengikuti magang ini sebanyak 6 peserta yang terdiri dari Perpustakaan Desa Rambah Muda 3 peserta, Perpustakaan Desa Masda Makmur 2 peserta dan Perpustakaan Desa Lubuk Bendahara 1 peserta.

Adapun sebagai narasumber diantaranya, Pejabat Kepala bidang pengembangan dan pembinaan perpustakaan, Sumardi SS MSi, Kepala bidang layanan perpustakaan, Emrinal SE dan Fungsional pustakawan ahli muda Dispussip Rohul, Alpison SIP.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru