Kamis, 23 Mei 2024

34 Mahasiswa UPP Lulus Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2

PASIRPENGARAIAN – Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) merupakan satu dari program MBKM yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2022,  sebagai bentuk dukungan pada program Kampus Merdeka, khususnya pemenuhan hak mahasiswa untuk dapat belajar di luar program studidan/atau Perguruan Tinggi.

PMM 2 membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran di kampus-kampus Perguruan Tinggi di Indonesia sebagai bagian dari upaya penguatan atau perluasan kompetensi, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, serta memiliki pemahaman tentang kebinekaan dan toleransi.

Mahasiswa akan mendapat pengalaman tentang keragaman adat istiadat, suku bangsa, bahasa, sejarah perjuangan, dan berbagai kekayaan budaya yang selama ini menjadi perekat kebangsaan Indonesia.

Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Hardianto MPd, Kamis (07/07/2022) menjelaskan bahwa UPP sangat mendukung program kampus merdeka yang diluncurkan kemendikbudristek. Bentuk dukungan ini dengan mendorong dan memotivasi mahasiswa UPP untuk ikut serta secara aktif pada setiap program kampus merdeka, selain itu juga dengan memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengikuti program-program kampus merdeka secara maksimal.

“Mahasiswa UPP yang lulus seleksi yaitu 34 orang yang diterima di 24 Universitas ternama di Indonesia, diantaranya, Universitas Trisakti, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Semarang, Universitas Mataram,  Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret, Universitas Jember, IKIP Budi Utomo, Universitas Komputer Indonesia, Institut Teknologi Kalimantan, Institut Teknologi Nasional Malang,” jelasnya.

“Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Fajar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Pamulang, Universitas Pgri Madiun, Universitas Pgri Semarang, Universitas Pgri Semarang, Universitas Swadaya Gunung Jati, Universitas Tribhuwana Tungga dewi,” tambah Rektor UPP.

Lanjut Hardianto, 34 Mahasiswa yang lulus tersebut akan menempuh perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2022/2023 selama satu semester pada Perguruan Tinggi tersebut yang akan dilaksanakan Agustus hingga Desember 2022. Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan pengakuan/konversisks sebanyak 20 SKS, mahasiswa juga akan mendapatkan bantuan beasiswa UKT, biaya hidup dan akomodasi, biaya transportasi, biaya asuransi BPJS kesehatan selama pelaksanaan program.

“Bagi Perguruan tinggi dapat memperkuat/meluarkan jejaring kerjasama dengan PT sebagai penerima guna pengembangan kolaborasi luas antara perguruan tinggi. Saat ini mahasiswa dan dosen UPP juga sedang menunggu pengumuman hasil seleksi program Kampus Mengajar angkatan 4,” ungkapnya.

Kemudian UPP telah menerapkan MBKM Mandiri diantaranya pertukaran mahasiswa, kemudian UPP telah menerapkan praktisi mengajar, kemudian magang tematik (KKN Tematik), asistensi mengajar.

Diketahui, adapun Jumlah Mahasiswa yang Lulus PMM 2 masing-masing Program Studi, diantaranya;

  1. Pendidikan Matematika : 4 mahasiswa
  2. Pendidikan Fisika : 3 mahasiswa
  3. Pendidikan Biologi : 3 mahasiswa
  4. Pendidikan IPS : 1 mahasiswa
  5. Agroteknologi : 4 mahasiswa
  6. Akuntansi : 2 mahasiswa
  7. Manajemen : 4 mahasiswa
  8. Teknik Mesin : 1 mahasiswa
  9. Teknik Sipil : 7 mahasiswa
  10. Sistem Informasi : 2 mahasiswa
  11. Teknik Informatika : 2 mahasiswa
  12. Ilmu Hukum : 1 mahasiswa

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru