Sabtu, 25 Mei 2024

Berdasarkan Webometrics, UPP Perguruan Tinggi Lima Teratas di Provinsi Riau

PASIRPENGARAIAN – Berdasarkan Webometrics Ranking of Web Universities edisi Januari 2022 bahwa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) menempati peringkat Lima (5) Teratas Perguruan Tinggi di tingkat Provinsi Riau.

Webometrics Ranking of Web Universities edisi Januari 2022 merilis bahwa UPP berada di tingkat ke-9882 skala dunia, sedangkan skala Indonesia UPP berada di tingkat 287, sedangkan di tingkat Provinsi Riau, UPP berada di rangking Lima (5) diantara Perguruan Tinggi yang ada di Riau.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd, Senin (28/06/2022) kepada Riauposting.id mengatakan, bahwa pencapaian tersebut diraih berkat kebarhasilan Universitas Pasir Pengaraian memenuhi persyaratan penilaian Webometrics Ranking of Web Universities berdasarkan beberapa indikator.

“Alhamdulillah, UPP dinilai terbaik di tingkat Provinsi Riau, sehingga dapat dibaca oleh kalangan akademik dimana pun berada melalui internet, pencapaian ini juga berkat kerjasama yang baik seluruh keluarga besar Civitas Akademika yang telah memenuhi persyaratan penilaian dari Webometrics Ranking of Web Universities berdasarkan beberapa indikator,” ucap Hardianto.

Rektor UPP menambahkan, bahwa beberapa indikator persyaratan penilaian dari Webometrics Ranking of Web Universities diantaranya, Visibility yakni jumlah eksternal link unik yang tergabung ke domain web perguruan tinggi (inlink), Trnsparency/Opennes merupakan jumlah kutipan penulis, dan Excellence or Scholar merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah yang terindeks pada jurnal internasional.

Lanjutnya, Webometrics Ranking of Web Universities merupakan sistem pemeringkat yang dilakukan berbasis website Perguruan Tinggi se-dunia. Webometrics Ranking of Web Universities meyakini bahwa kehadirian dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas.

“Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestis internasional, hingga hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi, hingga universitas,” tuturnya.

Hardianto lebih jauh memaparkan, pemeringkatan Webometrics Ranking of Web Universities dilakukan oleh Cybermetric Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol, terhadap lebih dari puluhan ribu institusi Pendidikan Tinggi di Dunia.

“Sistem pemeringkatan Webometrics Ranking of Web Universities bertujuan untuk mempromosikan publikasi web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya. Pengumuman Webometrics Ranking of Web Universities dapat diakses pada lama www.webometrics.info,” ujar Rektor UPP.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru