Kamis, 23 Mei 2024

Agar Terlihat Asri dan Indah, UPP Lakukan Penghijauan di Median Jalan Menuju Kampus

PASIRPENGARAIAN – Untuk mempercantik dan memperindah keasrian, Civitas akademika Universitas Pasir Pengaraian (UPP) bersama mahasiswa melakukan penghijauan dengan menanam pohon di median jalan menuju kampus, Rabu (08/06/2022) pagi.

Menanam tanaman di median jalan selain berfungsi untuk memperindah jalan, juga berfungsi sebagai peneduh, penyerap polusi udara, peredam kebisingan, pemecah angin, pembatas pandang, dan penahan silau lampu kendaraan.

Penanaman pepohonan di median jalan menuju kampus universitas kebanggaan masyarakat Rokan Hulu dilakukan Rektor UPP, Dr Hardianto MPd bersama para dosen dan puluhan mahasiswa.

Rektor UPP, Dr Hardianto MPd kepada Riauposting.id mengatakan, dengan menanam pohon di median jalan menuju kampus UPP dapat menyegarkan udara. Karena pohon dapat menyerap karbon dioksida serta gas-gas beracun lainnya di udara.

“Polusi yang dihasilkan kendaraan, seperti nitrogen oksida, ozon, dan karbon monoksida dapat diserap oleh pohon. Selain dapat menyerap gas beracun, pohon juga menghasilkan oksigen yang sangat penting untuk kelangsungan kehidupan di bumi. Sehingga, tak heran udara menjadi lebih segar jika terdapat pohon di lingkungan,” jelas Hardianto.

Lanjut Rektor UPP, menanam pohon juga dapat mengurangi dampak perubahan iklim. Karena salah satu penyebab perubahan iklim ialah banyaknya kadar karbon dioksida di udara.

“Pohon bisa menyerap karbon dioksida secara signifikan dan melepas oksigen ke udara. Sehingga, dapat mencegah terjadinya perubahan iklim dan membantu kita bertahan hidup,” paparnya.

Orang nomor satu di Civitas Akademika UPP itu lebih lanjut menjelaskan, dengan menanam pohon juga dapat menjaga populasi makhluk hidup. Satu batang pohon bisa menjadi rumah bagi puluhan bahkan ratusan jenis makhluk hidup. Misalnya, burung, serangga, reptil, jamur, dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Tanpa adanya pohon, berbagai makhluk hidup itu akan kehilangan rumahnya sehingga berdampak pada kepunahan dan kelangkaan fauna.

“Itulah manfaat menanam pohon untuk kesehatan dan lingkungan. Kegiatan menanam pohon tidak perlu menunggu penanaman massal atau saat merayakan peringatan Hari Pohon Sedunia. Menanam pohon bisa dimulai dari menanam satu batang pohon di lingkungan sekitar tempat tinggal. Ayo sayangi lingkungan dengan cara menanam pohon,” ungkap hardianto.

Dia juga mengakui, bahwa bibit tanaman tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Adapun jenis tanaman itu diantaranya, Taiwan Beauty sebanyak 500, Mahoni 30, dan Melati Mini 200.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Rohul yang telah memberikan bantuan berupa bibit tanaman untuk keindahan median jalan menuju kampus UPP,” ucap Hardianto.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru