Sabtu, 25 Mei 2024

Kemenag Rohul Ditahun 2022 Akan Berangkatkan JCH Sebanyak 241 Orang

PASIRPENGARAIAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), pada tahun 2022 akan memberangkatkan Jamaah Calon Haji (JCH) dari Rokan Hulu berjumlah 241 jamaah.

Plt Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Rohul, H Zulkifli Syarif SAg MPdI kepada Riauposting.id, Senin (23/05/2022) mengatakan, untuk keberangkatan JCH asal Rokan Hulu untuk menunaikan ibadah Haji pada tahun ini berjumlah 241 orang.

“Alhamdulillah, berdasarkan rilis dari Kemenag Pusat jumlah JCH Rokan Hulu pada tahun ini sebanyak 241 orang. Kemudian kita beri masa untuk pelunasan dan ada sebanyak 4 orang yang tidak melunasi, sehingga jamaah kita menjadi 237. Kemudian ada satu mutasi dari Sumatera Utara ditambah petugas haji daerah kita satu orang serta ditambah ada dua cadangan. Sehingga kembali menjadi 241 orang untuk tahun ini yang sudah melakukan pelunasan,” paparnya.

Zulkifli juga mengatakan, bahwa tahun ini kuota Rokan Hulu JCH tidak ada berkurang, namun idealnya 257 orang, cuma karena tahun ini ada pemangkasan secara nasional, jadi jumlah JCH yang bisa diberangkatkan untuk melaksanakan rukun Islam yang ke Lima itu hanya 241 orang.

“Kuota untuk Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2022 ini tidak ada berurang, cuma idealnya JCH kita itu yang berangkat harusnya sebanyak 257 orang, namun karena ada pemangkasan 50%, kuota kita sekarang dapatkan hanya 241 orang,” jelasnya.

Plt Kakan Kemenag Rohul juga menjelaskan, bahwa sekarang ini tahapan demi tahapan untuk keberangkatan JCH Rohul menunaikan ibadah haji sudah dilakukan, diantaranya, menyiapkan dokumen JCH berupa paspor sebanyak 241 saat ini dalam proses pemisahan di Kanwil Kemenag Provinsi Riau.

“Kedua kita juga sudah melakukan cek kesehatan berupa vaksin meningitis sebagai kewajiban JCH, kita juga sudah melakukan pembuatan atau penyusunan regu dan rombongan masing-masing kecamatan dan Kabupaten,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Zulkifli Syarif, mulai hari kemarin sampai seminggu kedepannya, Kemenag Rohul sedang melakukan pembinaan jamaah melalui menasik haji tingkat kecamatan se Rokan Hulu yang terdiri dari empat titik, diantaranya, di Kecamatan Tambusai, Rambah, Ujungbatu dan di Kecamatan Kunto Darussalam.

“Ada 4 titik ini yang kita gunakan untuk pembinaan jamah, supaya bisa cepat selesainya dan insyaallah pada 30 dan 31 Mei 2022 ini kita adakan bimbingan manasik tingkat kabupaten di Islamic Center Rokan Hulu,” urainya.

Terkait Rokan Hulu masuk kloter yang keberapa, Plt Kakan Kemenag Rohul mengatakan untuk saat ini masih menunggu informasi dari pusat karena sampai sekarang ini Kemenag Rohul masih menunggu info dari pusat.

“Sekarang ini kita masih menunggu informasi dari pusat kita masuk gelombang berapa atau kloter berapa. Cuma informasi yang baru kita terima bahwa untuk kloter pertama pada 3 Juni 2022 kloter pertama JCH sudah masuk ke asrama haji dan pada 4 Juni 2022 penerbangan pertama ke Madinah,” ujar Zulkifli Syarif.

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru